5 Manfaat Jus Delima yang Perlu Anda Ketahui

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 298 2341071 5-manfaat-jus-delima-yang-perlu-anda-ketahui-eyPdZNKRth.jpg Jus delima (Foto: Corrie Cooks)

Buah delima yang identik dengan warna merah, rupanya memiliki cita rasa manis. Buah delima banyak digemari orang. Selain rasanya yang manis, ternyata buah delima juga menyimpan banyak manfaat.

Buah delima juga merupakan salah satu buah dengan kandungan gizi paling tinggi. Delima memiliki antioksidan punicalagin yang kekuatannya tiga kali lipat melebihi anggur merah dan teh hijau. Punicic acid yang terkandung di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan.

Buah delima juga mengandung aneka mineral, yaitu kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol dan antosianin. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ini manfaat buah delima yang bisa membuat Anda semakin tertarik untuk mengonsumsinya, dilansir dari Medical News Today.

 jus delima

1. Mengandung antioksidan

Delima telah dimakan sepanjang sejarah karena manfaat kesehatannya. Saat ini, jus buah ini menjadi bagian populer dari makanan sehat. Biji delima mendapatkan rona merah cerah dari polifenol.

Jus buah delima mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi daripada kebanyakan jus buah lainnya. Antioksidan dalam jus delima dapat membantu menghilangkan radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, dan mengurangi peradangan.

2. Mengandung Vitamin C

Jus buah delima tunggal memiliki lebih dari 40 persen kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C dapat dipecah saat dipasteurisasi, jadi pilihlah jus delima buatan sendiri atau segar untuk mendapatkan hasil maksimal dari nutrisi.

3. Pencegahan Kanker

Para peneliti menemukan bahwa jus delima bisa membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker paru. Jika diminum secara rutin dan disertai dengan diet seimbang. Ini dikarenakan buah delima memiliki kandungan antioksidan yang tidak hanya berguna untuk melawan radikal bebas, tapi juga bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang dapat memicu munculnya sel kanker.

4. Anti inflamasi

Jus buah delima mengandung anti-inflamasi yang kuat karena konsentrasi antioksidannya yang tinggi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh dan mencegah stres dan kerusakan oksidatif.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Jus delima sedang dalam proses sebagai jus paling sehat untuk jantung. Tampaknya melindungi jantung dan arteri. Penelitian menunjukkan bahwa jus delima meningkatkan aliran darah dan mencegah arteri menjadi kaku dan kental. Ini juga dapat memperlambat pertumbuhan plak dan penumpukan kolesterol di arteri. Tetapi buah delima dapat bereaksi negatif dengan obat tekanan darah dan kolesterol seperti statin.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini