5 Bahaya Konsumsi Gorengan Berlebihan

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 298 2341202 5-bahaya-konsumsi-gorengan-berlebihan-yO1fqdqXhl.jpg Gorengan (Foto: Just a taste)

Gorengan adalah makanan yang digoreng yang digemari banyak orang. Gorengan antara lain tempe mendoan, tahu isi, bakwan dan sebagainya.

Rasanya enak, teksturnya renyah, harganya murah. Ini semua merupakan kombinasi yang sangat menggiurkan.

Mudah sekali untuk mendapatkan gorengan, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga restoran cepat saji. Tapi perlu diketahui bahwa gorengan cenderung tinggi kalori dan lemak trans.

Seperti yang dilansir dari Healthline, keseringan makan gorengan memiliki dampak negatif pada kesehatan. Apa saja bahayanya?

mendoan

1. Tinggi kalori

Banyak metode memasak yang bisa dilakukan, tapi menggoreng adalah cara yang paling banyak menambah kalori terhadap makanan. Pertama, kebanyakan dari gorengan dibalut dahulu dengan adonan tepung sebelum digoreng. Belum lagi makanan tadi kehilangan air dan menyerap minyak. Makanan yang digoreng akan mengandung lebih banyak kalori daripada yang tidak.

2. Tinggi lemak trans

Minyak yang dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi selama memasak akan membentuk lemak trans. Belum lagi saat minyak digunakan berulang-ulang kali, lemak transnya akan semakin meningkat. Lemak ini dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit.

3. Risiko penyakit jantung

Makan gorengan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Faktanya, menurut PubMed seseorang yang semakin sering makan gorengan, akan semakin besar memiliki risiko penyakit jantung.

4. Risiko diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi gorengan akan berisiko terkena diabetes tipe 2. Mereka yang mengonsumsi 4-6 porsi gorengan per minggu, 39% lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2. Dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang dari satu porsi per minggu.

Baca juga: Duduk di Warung Arya Saloka Pakai Topi Rp5 Juta, Netizen Sampai 'Sakit Mata'

5. Risiko obesitas

Gorengan dapat meningkat asupan kalori secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa lemak trans berperan penting dalam penambahan berat badan. Ini karena gorengan dapat meningkatkan nafsu makan dan tinggi lemak. Bahkan sekalipun makanannya tidak memiliki kalori tambahan, lemak trans akan secara signifikan menumpuk lemak perut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini