Perlukan Orang yang Sudah Terinfeksi Covid-19 Mendapat Vaksin?

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 481 2341278 perlukan-orang-yang-sudah-terinfeksi-covid-19-mendapat-vaksin-GvZdSMLURM.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MEREKA yang pernah terjangkit Covid-19, memang tidak menjadi prioritas pemberian vaksin lagi. Padahal, para ahli medis menemukan mereka yang sudah terkena Covid-19, kemungkinan infeksi ulang akan bereaksi kembali.

Dilansir dari laman Times of India, sejauh ini, hanya beberapa ratus kasus di seluruh dunia yang telah diidentifikasi. Tetapi menurut pendapat para ahli, ada cukup bukti untuk menunjukkan bahwa infeksi ulang covid-19 merupakan ancaman yang sangat nyata.

Sebuah studi yang dilakukan oleh PGI, Chandigarh menemukan bahwa penderita khusus diabetes, memiliki risiko lebih tinggi untuk jatuh dan terinfeksi virus corona lagi.

Kemudian para peneliti menyatakan, mereka yang menderita diabetes tipe 2, atau pasien diabetes yang terinfeksi oleh bentuk virus ringan tidak memiliki antibodi cukup setelah terinfeksi akan memiliki risiko lebih tinggi.

"Sistem kekebalan bereaksi berbeda untuk setiap orang yang terinfeksi Covid-19, tergantung pada kekuatan dan jumlah viral load yang mereka hadapi, serta penyakit penyerta mereka," kata Dr SN Aravinda, Konsultan, Penyakit Dalam, Rumah Sakit Aster RV.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini