Yuk Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Ini, Simak Caranya

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 481 2341331 yuk-jaga-kesehatan-mental-di-masa-pandemi-ini-simak-caranya-V0WHMMxpdg.jpg Ilustrasi kesehatan mental. (Foto: Healthsite)

KESEHATAN mental sejumlah orang di dunia dilaporkan mengalami guncangan beberapa waktu belakangan ini. Kondisi tersebut terjadi akibat adanya wabah covid-19 yang menimbulkan karantina wilayah atau wafatnya banyak orang.

Situasi ini dinilai membuat publik takut dan cemas. Bahkan, bisa membawa masyarakat masuk ke fase-fase yang mengkhawatirkan keselamatan dan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Terbukti "Rusak" Kesehatan Mental Orangtua 

Abai terhadap kesehatan mental dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti penyakit jantung, hipertensi, obesitas, rendahnya kekebalan tubuh, masalah pernapasan, bahkan kematian.

Oleh karena itu, dibutuhkan pengalihan fokus dan menjadi perhatian khusus agar terhindar dari mental yang buruk.

Seperti dikutip dari Healthsite, Jumat (8/1/2021), berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, terutama di masa pandemi covid-19 ini.

Ilustrasi virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

1. Mendapatkan banyak sinar matahari

Sinar matahari pagi menghasilkan vitamin D yang penting bagi otak. Mendapatkan sinar yang cukup dapat membantu otak melepaskan endorphin dan serotonin, sehingga meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan.

2. Makan teratur

Demi mendapatkan kekebalan tubuh yang bagus, diperlukan asupan makanan yang teratur dan sehat. Makan dengan baik akan mencegah penyakit kesehatan mental serta mengurangi risiko infeksi. Seimbangkan selalu nutrisi dari satu porsi makanan dengan 4 sehat 5 sempurna.

Baca juga: Cemas Dampak Pandemi Corona terhadap Perkembangan Mental Anak? Simak Penjelasan Para Pakar Ini 

3. Cukup tidur

Saat tubuh kurang mendapat istirahat dengan tidur akan menimbulkan masalah depresi dan kecemasan. Sehingga, penting untuk mendapatkan tidur yang cukup untuk membuat bahan kimia di otak bekerja mengatur suasana hati dan emosi.

4. Mengelola stres

Memang sulit mengelola stres. Tapi sekali bisa menghadapinya, maka akan terbiasa seterusnya. Kemampuan ini bakal membuat seseorang merasa lebih energik, meningkatkan kualitas kerja, dan rendah risiko depresi.

5. Teratur olahraga

Memulai kegiatan aktif adalah bagian penting untuk meningkatkan mental sekaligus fisik. Ini akan membantu menghilangkan perubahan suasana hati, kecemasan, stress, dan rasa malas.

Baca juga: Rajin Merawat Kulit Mampu Jaga Kesehatan Mental 

6. Jaga hubungan dengan orang lain

Menjalin dan menjaga hubungan penting untuk mendapatkan dukungan orang sekitar. Dengan adanya yang menyadari kehadiran kita, maka akan membuat diri merasa dihargai dan bisa saling membantu dalam segala keadaan hidup.

7. Melakukan sesuatu yang disuka

Menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk melakukan sesuatu yang disuka efektif memberikan rasa damai dan mengurangi risiko stres, kecemasan, serta depresi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini