Rumah Sakit Penuh, Dokter Relawan Covid-19 Kesulitan Rujuk Pasien

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 481 2341338 rumah-sakit-penuh-dokter-relawan-covid-19-kesulitan-rujuk-pasien-WJ9jZI3hhI.jpg Ilustrasi rumah sakit rujukan pasien covid-19 penuh. (Foto: Shutterstock)

MEMBELUDAKNYA kasus covid-19 di Indonesia membuat sejumlah rumah sakit penuh. Tentunya ini membuat beban fasilitas dan tenaga kesehatan jadi makin berat.

Dokter Relawan Covid-19 Muhamad Fajri Adda'i mengatakan kondisi covid-19 di Tanah Air sudah sangat kacau. Sebab, lonjakan kasus terjadi di mana-mana dan dalam jumlah yang luar biasa. Ia pun tidak memungkiri adanya kewalahan dalam menangani covid-19 yang makin mewabah.

Baca juga: Yuk Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Ini, Simak Caranya 

"Rumah sakit penuh susah banget ngerujuk. Susah banget menangani pasien. Saat ini, itu sudah sampai pada titik orang yang punya atau tidak punya uang, rumah sakit tidak bisa menerima, karena sudah penuh," terang dr Fajri saat dihubungi Okezone, Jumat (8/1/2021).

Dia mengungkapkan, saat ini kondisi dokter dan para tenaga kesehatan lainnya jadi makin sulit menangani. Ditambah lagi penyakit-penyakit non-covid-19 yang juga susah ditangani. Ini akan cukup sulit membedakan antara pasien yang sakit akibat covid-19 dan lainnya, karena susah terdeteksi.

"Jadi keluh kesahnya adalah bersabar. Percayalah rumah sakit sudah penuh dan benar-benar sulit sekali untuk ngerujuk. (Sebanyak) 50 rumah sakit mau ICU, ventilator itu susah. Semuanya penuh," lanjutnya.

Baca juga: BPOM Imbau Masyarakat Lapor jika Ada Masalah Usai Divaksin 

Dokter Fajri juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan sambil menunggu vaksinasi yang masih membutuhkan waktu 1 sampai 1,5 tahun untuk diselesaikan.

"Jangan abai, jangan lengah, jangan lelah. Itu pesan saya. Jangan dengar hoaks, sebab covid-19 ini bisa makin kacau kondisinya," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini