Antisipasi Mutasi Covid-19, Kemenkes dan Kemenristek Tanda Tangani MoU

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 481 2341346 antisipasi-mutasi-covid-19-kemenkes-dan-kemenristek-tanda-tangani-mou-2SjrQzY6gg.jpg Penandatanganan MoU Kemenkes dan Kemenristek. (Foto: YouTube Kemenkes)

SEBAGAI langkah nyata menanggulangi pandemi covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Ristek/BRIN pada hari ini melakukan penandatanganan nota kesepakatan atau memorandum of understanding (MoU) tentang Surveilans Genom Virus SARS COV-2.

Kerja sama ini dilakukan untuk mengantisipasi mutasi covid-19 yang dilaporkan sudah menyebar ke berbagai negara. Kemudian langkah pendeteksian jenis baru virus corona juga termasuk dalam kesepakatan dua kementerian tersebut.

Baca juga: Rumah Sakit Penuh, Dokter Relawan Covid-19 Kesulitan Rujuk Pasien 

"Jadi saya berharap tanda tangan (MoU) ini adalah awal yang harus ditindaklanjuti," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam kegiatan yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kemenkes, Jumat (8/1/2020).

Ia mengatakan bahwasannya perang yang sedang dihadapi dunia, termasuk Indonesia, adalah melawan virus bukan manusia. Sehingga, kecepatan menanggulanginya harus semaksimal mungkin.

Sementara Menristek Bambang Brodjonegoro mengatakan kerja sama ini tidak hanya melibatkan dua pihak, melainkan beberapa perguruan tinggi juga diikutsertakan.

Baca juga: Yuk Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Ini, Simak Caranya 

"Kita juga akan melibatkan beberapa perguruan tinggi yang selama ini sudah banyak terlibat dalam kegiatan. Kita juga harus berupaya memaksimalkan keberadaan sumber daya, sumber daya manusia maupun peralatan yang memang sangat dibutuhkan," terangnya.

Terlebih kerja sama ini, kata dia, dilakukan untuk menghadapi dan menanggulangi persebaran covid-19. Apalagi, kini muncul jenis baru yang diduga menyebar di Inggris dan beberapa negara lain.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini