Tak Kalah Penting, Bagian Tubuh Ini Juga Perlu Diberi Tabir Surya

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 611 2341240 tak-kalah-penting-bagian-tubuh-ini-juga-perlu-diberi-tabir-surya-2vDwiSsaY9.jpg Pakai tabir surya (Foto: Lifestyle Asia Hong Kong)

Kita tahu bahwa penting sekali untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari. Langkah ini bukan saja sebagai perlindungan dari sinar matahari dan melawan penuaan, tapi juga melawan kanker kulit.

Kebanyakan orang mungkin menggunakan sunscreen hanya di area wajah. Padahal bagian tubuh lain yang tidak terhalang pakaian pun membutuhkannya.

Mengutip dari Real Simple, jangan sampai kita mengabaikannya lagi. Aplikasikan tabir surya di titik-titik ini untuk menghindari kulit terbakar dan risiko kanker. Apa saja?

 pakai tabir surya

1. Punggung kaki

Berpergian ke mana saja saat kaki tidak dilindungi sepatu, ingatlah untuk mengoleskan sunscree. Dokter Jessica J. Krant, SUNY Downstate Medical Center, mengatakan, “Saya sering melihat punggung kaki yang terbakar dengan pola sendal di sana.” Maka dari itu, jangan lewatkan bagian penting ini, aplikasikan juga pada jari-jarinya.

2. Kelopak mata

Area sudut mata adalah kulit paling tipis di tubuh. Memakai kacamata hitam dengan perlindungan UV 100% mungkin membantu, tapi memakai sunscreen juga perlu. Menurut Skin Cancer Foundaion, kelopak mata menyumbang 5 dari 10 persen kanker kulit. Gunakanlah sunscreen yang terbuat dari mineral karena area mata sangat sensitif.

3. Kulit kepala

Mungkin rambut akan sedikit membantu melindungi kulit kepala dari sinar matahari. Maka dari itu, Dokter Zenovia Gabriel menyarankan, “Pakailah topi yang bisa juga melindungi wajah, telinga dan leher”. Atau bisa juga dengan menggunakan sunscreen tabur.

4. Tangan

Tangan bisa sangat jelas menunjukkan tanda-tanda penuaan. Penelitian mengungkapkan, kita dapat mengetahui usia seseorang hanya dengan melihat tangannya. Ini karena tangan selalu terpapar sinar matahari. Gunakanlah setiap hari bahkan saat tidak keluar rumah. Dokter Krant bahkan menyarankan untuk mengemudi dengan sarung tangan meskipun dalam cuaca hangat.

5. Leher dan dada

Meskipun area ini dekat dengan wajah, tapi kemungkinan besar orang-orang melewatinya. Topi saja tidak cukup melindungi sampai leher dan dada. “Area leher dan dada menyebabkan kerusakan parah akibat sinar matahari dan meninggalkan bekas luka yang cukup parah,” ucap Dokter Krant. Sehingga jangan lagi lupa untuk memakaikannya sunscreen.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini