Selain Mencegah Batu Ginjal, Kenali 7 Manfaat Baik Lemon

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 09 612 2341587 selain-mencegah-batu-ginjal-kenali-7-manfaat-baik-lemon-KPnoySQ4Bk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AIR lemon sangat populer akhir-akhir ini. Pasalnya, selain jeruk, lemon juga diperkaya akan vitamin C yang mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk sel pada tubuh.

Lemon juga merupakan sumber serat yang bagus untuk pencernaan. Mengonsumsi lemon dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan batu ginjal. Rasa asam yang terkandung di dalamnya dapat membantu Anda menambahkan sedikit rasa pada air mineral biasa.

Seperti dilansir dari Healthline, berikut ulasan manfaat air lemon bagi kesehatan tubuh.

Menghidrasi

Air mineral adalah minuman terbaik untuk meningkatkan hidrasi tubuh. Tetapi beberapa orang tidak menyukai rasanya. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan lemon untuk mendapatkan rasa tambahan, yang dapat membantu Anda minum lebih banyak air.

lemon

Sumber vitamin C yang baik

Buah seperti lemon kaya akan vitamin C, mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Vitamin C juga dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah.

Membantu menurunkan berat badan

Bukti kuat sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa air lemon mendukung penurunan berat badan. Senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam perkembangan diabetes tipe 2.

Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari. Jika kulit Anda kehilangan kelembapan, maka kulit menjadi kering dan rentan keriput. Maka, Anda disarankan untuk tetap terhidrasi dengan minum cukup air.

Membantu melancarkan pencernaan

Beberapa orang minum air lemon sebagai pencahar pagi hari untuk membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas saat bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan bergerak dengan baik.

Menyegarkan nafas

Anda dapat menghindari bau mulut dengan meminum segelas air lemon setelah makan dan di pagi hari. Lemon dianggap dapat merangsang air liur, juga membantu mencegah mulut kering yang bisa memicu bau mulut akibat bakteri.

Membantu mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Sitrat secara paradoks membuat urin menjadi kurang asam dan bahkan dapat memecah batu kecil. Minum air lemon tidak hanya membuat Anda mendapatkan sitrat, tetapi juga mencukupi kebutuhan air yang Anda butuhkan untuk membantu mencegah atau membuang batu ginjal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini