Jarang Sosialisasi dengan Orang Lain? Hati-Hati Bikin Cepat Pikun Loh

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 09 612 2341667 jarang-sosialisasi-dengan-orang-lain-hati-hati-bikin-cepat-pikun-loh-wzUiG3Hlbc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEMUA orang pernah merasakan yang namanya lupa, bahkan lupa bisa terjadi di berbagai kalangan hingga umur. Namun bagaimana cara kerja ingatan dalam diri kita terjadi?

Otak kita sangat rumit, oleh karena itu cara kerja ingatan pun masih diteliti oleh ahli saraf. Upaya otak kita untuk menyimpan informasi dapat dipecah menjadi tiga model, memori kerja, memori jangka pendek, dan memori jangka panjang, masing-masing dikendalikan oleh bagian otak yang berbeda.

Memori jangka pendek berfungsi untuk menyimpan informasi untuk waktu yang singkat. Penelitian menunjukkan bahwa ada batas kapasitas bersama dengan batas waktu untuk ingatan yang disimpan di memori jangka pendek.

Lalu bagaimana seseorang dapat menghindari kelupaan atau meningkatkan daya ingat mereka? Melansir dari mentalfloss.com, berikut beberapa cara yang dapat meningkatkan daya ingat Anda.

otak

Menentukan Prioritas

Kita cenderung mengingat hal-hal secara proporsional dengan berpikir seberapa pentingnya hal itu. Itulah mengapa seseorang lupa di mana ia meninggalkan kunci mobilnya. Saat tiba di rumah, lokasi kunci itu tidak terlalu penting sehingga otak tidak dapat mengingat di mana ia meletakkannya.

Cobalah untuk mengingat sesuatu yang menurut Anda lebih penting, atau cobalah untuk menjaga ingatan Anda dengan mengulang hal itu untuk dijadikan kebiasaan dalam diri Anda.

Olahraga

Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah ke otak yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan bahkan mengurangi risiko demensia. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, merekomendasikan setidaknya lakukan aktivitas sedang selama 150 menit yang dilakukan sepanjang minggu.

Bersosialisasi

Berinteraksi dengan teman dan rekan kita, dikenal sebagai penangkal depresi dan penghilang pemicu stres lain yang dikaitkan dengan lupa ingatan. Tentu saja, kita juga dapat menggunakan trik untuk membantu kita mengingat informasi tertentu seperti membuat daftar atau menghubungkan memori tertentu dengan warna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini