4 Cara Menghindari Toxic Relationship agar Tak Sakit Hati Lagi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 10 Januari 2021 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 612 2341967 4-cara-menghindari-toxic-relationship-agar-tak-sakit-hati-lagi-Q0jG5Ntm7H.jpg Toxic relationship (Foto:Apollonia Ponti)

Toxic relationship menjadi perbincangan yang cukup hangat belakangan ini. Pada dasarnya, kasus hubungan beracun ini sudah ada sejak lama. Hanya saja, banyak masyarakat yang baru menyadari bahwa merasakan tekanan dalam hubungan dapat terjadi karena adanya toxic relationship.

Bukannya bahagia, menjalin hubungan dengan pasangan toxic justru dapat membuat Anda stres dan depresi. Karena itu, berikut Okezone berikan 4 tips menghindari toxic relationship seperti dilansir dari laman Elle.

 stres

1. Ketahui penyebab stres Anda

Toxic relationship tidak langsung muncul saat Anda baru saja menjalin hubungan. Ini biasanya karena rasa cinta Anda padanya membuat ia selalu terlihat baik-baik saja di mata Anda.

Jika Anda merasa stres karena perlakuan pasangan terhadap Anda, coba komunikasikan hal tersebut kepada pasangan karena dalam sebuah hubungan, kedua pihak dapat hak yang sama untuk berbicara dan menyelesaikan permasalahan.

2. Jujur dengan pasangan

Ketika Anda mulai mempelajari gaya keterikatan Anda, apakah itu penuh dengan ketakutan akan pengabaian, perilaku penghindaran keintiman, atau mekanisme tarik-ulur yang tidak teratur, Anda juga akan belajar untuk benar-benar menyadari roller coaster perasaan pribadi Anda.

Ketika Anda baru saja menjalin hubungan, mungkin pasangan akan mengajak Anda bercumbu. Namun jika Anda merasa tidak nyaman dengan hal tersebut, katakan dengan jujur kepada pasangan bahwa Anda belum siap. Mampu menjadi contoh dalam berkomunikasi emosional yang sehat juga akan menciptakan tempat yang aman baginya untuk terbuka tentang perasaannya.

3. Tinggalkan pasangan toxic

Jika Anda menghadapi pasangan yang terus menolak Anda. Bahkan dia meremehkan Anda, apalagi bersikap kasar, maka ini tanda-tanda yang kurang baik. Anda harus berani pergi meninggalkannya lebih awal. Ini hanyalah konfirmasi bahwa kalian berdua adalah pasangan yang buruk.

4. Move on

Cara terbaik untuk menghindari hubungan toxic adalah menjauh dari orang-orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan emosional mereka. Itu merupakan langkah berani bagi setiap orang yang ingin merasa dicintai.

Pertanyaan terpenting untuk ditanyakan pada diri sendiri adalah, apakah saya jatuh cinta atau sekadar candu punya pacar? Jika yang terakhir, inilah saatnya untuk move on dan jangan takut sendirian.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini