5 Manfaat Ajaib Cuka Apel, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 298 2342576 5-manfaat-ajaib-cuka-apel-apa-saja-yueH1ikX3A.jpg Cuka apel (Foto: Vitagene)

Beberapa penelitian menyatakan bahwa cuka apel memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan berat badan dan pencernaan yang baik. Sebab cuka apel memiliki sifat antimikroba dan antioksidan, membantu mengurangi kolesterol, menurunkan kadar gula darah.

Melansir times of India, berikut ini berbagai manfaat cuka apel yang perlu diketahui. Simak yuk!

 cuka apel

1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Asam asetat dalam cuka sari apel memblokir enzim yang membantu mencerna pati, menghasilkan respons gula darah yang lebih kecil setelah Anda mengonsumsi makanan bertepung seperti roti atau pasta.

Jika Anda penderita diabetes, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda mulai mengkonsumsinya dalam jumlah lebih dari yang biasanya digunakan untuk memasak. Cuka dapat berinteraksi dengan obat diabetes dan karenanya tidak boleh dikonsumsi oleh semua orang tanpa konsultasi.

2. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi cuka sari apel sebelum makan dapat menekan rasa lapar dan dengan demikian mengurangi asupan kalori Anda.

Sebuah studi selama 12 minggu menemukan bahwa orang yang mengonsumsi cuka sari apel setiap hari mengalami penurunan berat badan, mengurangi indeks massa tubuh, lingkar pinggang, kadar trigliserida, dan lemak visceral.

3. Dapat membantu membunuh bakteri berbahaya

Cuka apel dapat membantu membunuh bakteri. Orang telah menggunakan cuka secara tradisional untuk membersihkan dan mendesinfeksi badan seperti mengobati jamur kuku, kutu, kutil, dan infeksi telinga.

Dahulu kala, orang menggunakan cuka untuk membersihkan luka. Ini juga berfungsi sebagai pengawet makanan karena mencegah penghambatan bakteri seperti E. coli untuk tumbuh dan merusak makanan.

4. Mengatasi bau badan

Cuka apel dapat juga dapat mengatasi bau kaki dan ketiak dengan menyeimbangkan pH kulit dan melawan bakteri yang menyebabkan bau badan.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah studi skala kecil yang dilakukan pada tahun 2018 menemukan bahwa mengonsumsi cuka apel mengurangi kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL. Padahal diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan tersebut.

Tetapi orang yang menderita kolesterol tinggi pasti bisa mencobanya. Jangan lewatkan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menjadikannya sebagai bagian dari diet Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini