Ahli: Kasus Covid-19 Akan Turun jika Angka Penggunaan Masker Mencapai 95%

Hantoro, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 481 2342270 ahli-kasus-covid-19-akan-turun-jika-angka-penggunaan-masker-mencapai-95-LoGxEwLkWp.jpg Ilustrasi penggunaan masker. (Foto: Newshub)

AHLI kebijakan kesehatan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr Deni Kurniadi Sunjaya dr DESS mengatakan kasus covid-19 di Indonesia akan turun jika angka penggunaan masker mencapai 95 persen. Pasalnya, penggunaan masker jadi salah satu langkah efektif memutus mata rantai persebaran virus corona. Maka itu, pemerintah pun diimbau memperketat aturan penggunaan masker.

"Covid-19 di Indonesia akan menurun andaikata banyak orang yang memakai masker sampai 95 persen," jelasnya, seperti dikutip dari laman resmi Unpad, Senin (11/1/2021).

Baca juga: Ini 3 Jenis Masker Rekomendasi WHO, Efektif Cegah Covid-19 

Ia melanjutkan, jika aturan penggunaan masker terus diwajibkan disertai pemenuhan protokol kesehatan dan pengetatan kebijakan pembatasan sosial oleh pemerintah, kasus covid-19 di Indonesia akan mudah menurun.

"Vaksin sebetulnya tidak seberapa besar kalau kita bersama-sama menggunakan masker. Ini menjadi sangat penting," tegasnya.

Baca juga: Sophie Turner 'Game of Thrones' Tetap Pakai Masker saat Melahirkan 

Oleh karena itu, aturan kewajiban penggunaan masker sebaiknya terus diperketat oleh pemerintah. Menurut dia, pemerintah bisa mengadaptasi kebijakan di negara lain yang membebankan denda cukup besar bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

Mengutip dari Healthdata Covid-19, ungkap Deni, saat ini penggunaan masker oleh masyarakat Indonesia mencapai di atas 70 persen. Jika penggunaan masker terus ditingkatkan mencapai 95 persen, dirinya optimistis kasus covid-19 akan turun drastis.

Kini angka total kematian akibat covid-19 sekira 35 ribu orang. Healthdata Covid-19 memproyeksikan angka tersebut terus meningkat sampai April 2021. Tapi, angka ini bisa turun sampai belasan ribu jika masyarakat konsisten menggunakan masker.

Baca juga: Musim Liburan, Jangan Kendor Prokes 3M Covid-19 

Masker rekomendasi WHO. (Foto: Instagram @kemenkes_ri)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini