Ini 3 Gejala Serius Serangan Jantung dan Paling Umum Terjadi, Segera Ditangani Ya

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 481 2342327 ini-3-gejala-serius-serangan-jantung-dan-paling-umum-terjadi-segera-ditangani-ya-S0LTAxMweJ.jpg Ilustrasi serangan jantung. (Foto: BHF)

SERANGAN jantung bisa menyerang siapa saja. Ada gejala yang mengawali terkait serangan jantung. Maka itu, setiap orang harus mengenalinya supaya bisa cepat mengatasi.

Seperti dipaparkan The British Heart Foundation (BHF), setidaknya ada tiga gejala serangan jantung yang dinilai sangat serius dan paling umum terjadi. Pertama, nyeri dada tiba-tiba atau ketidaknyamanan yang tidak kunjung hilang. Rasanya dada tertekan atau berat, dan ini perlu segera datang ke dokter.

Baca juga: Menguap Berlebihan Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung, Ini Penjelasannya 

Kedua, ketidaknyamanan dada bisa menyebar ke salah satu lengan, leher, rahang, punggung atau perut. Ketiga, merasa mual, berkeringat, pusing, atau sesak napas.

Sementara gejala yang kurang umum seperti perasaan cemas tiba-tiba dan bisa menyerupai serangan panik. Lalu batuk atau mengi yang berlebihan karena penumpukan cairan di paru-paru.

Dinukil dari Express, Senin (11/1/2021), dikarenakan tingkat rasa sakit bervariasi dari setiap orang, seseorang mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan ketidaknyamanan dada, tapi ini akan menjadi kesalahan.

Setiap nyeri dada perlu diperiksa oleh dokter, karena penyebab yang mendasarinya perlu dicari tahu. Gejala serangan jantung bisa bertahan selama berhari-hari atau bisa datang tiba-tiba dan tidak terduga.

Baca juga: Sama-Sama Berdebar, Kenali Perbedaan Serangan Jantung dan Panik 

Selama serangan jantung, penderitanya akan sadar dan bernapas. Namun jika tidak ditangani dengan serius dapat berubah menjadi henti jantung.

Henti jantung terjadi ketika seseorang jatuh pingsan dan berhenti bernapas, sebab jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh. BHF mengklarifikasi bahwa nyeri dada angina disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Jika menderita angina, dan merasakan ketidaknyamanan di dada, sarannya adalah duduk dan istirahat saat menggunakan semprotan gliseril trinitrat (GTN) yang diresepkan. Apabila rasa sakit terus berlanjut selama beberapa menit, dianjurkan menggunakan semprotan GTN lagi.

Jika rasa sakit masih berlanjut beberapa menit setelah penggunaan GTN kedua kalinya, segera datang ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Nyeri Dada, Siapa Tahu Penyakit Jantung 

Ilustrasi serangan jantung

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini