Setop Mengunyah Es Batu, Ini Bahayanya Menurut Dokter Gigi

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 481 2342453 setop-mengunyah-es-batu-ini-bahayanya-menurut-dokter-gigi-ggPVpQyWlF.jpg Ilustrasi es batu. (Foto: Racool Studio/Okezone)

MENGUNYAH es batu kemungkinan besar pernah dilakukan semua orang. Hal ini dinilai memiliki keasyikan tersendiri, seperti adanya rasa dingin di mulut. Namun ternyata sering mengunyah es batu bisa menimbulkan bahaya untuk tubuh.

Perilaku mengunyah es batu secara medis dikategorikan dengan istilah PICA atau suatu kebiasaan makan atau mengunyah makanan secara kompulsif yang tidak memiliki nilai gizi.

Baca juga: Bikin Sensasi Demi Viral di Sosmed, Pria Ini Makan Ikan Asin dengan Es Batu! 

"Saya memiliki banyak pasien yang mengunyah es batu setiap hari. Ini semacam kesenangan bersalah," kata pendiri Ask the Dentist, Dokter Mark Burhenne, seperti dikutip dari Insider, Senin (11/1/2021).

Benar adanya bahwa ini sesuatu yang salah, sebab menurut American Dental Association, mengunyah es adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi. Cobalah untuk berhenti karena bisa menyebabkan beberapa bahaya berikut ini.

Es batu

1. Merusak enamel gigi

Enamel gigi adalah lapisan pelindung keras yang melindungi bagian halus dari gigi. Dengan mengunyah es batu yang bertekstur keras akan memungkinkan enamel gigi rusak.

"Jika hal tersebut terjadi, kebersihan mulut, gigi, dan gusi akan rentan serta lebih banyak terkena infeksi bakteri dan penyakit," ucap Dokter Shahrooz Yazdani, ahli kesehatan mulut.

Baca juga: Selain Lemon dan Es, Ketahui Cara Lain Hilangkan Jerawat di Hidung 

2. Membuat gigi patah

Mengunyah es batu tidak saja dapat merusak email gigi, tapi juga membuat gigi patah. "Setiap minggu saya mendapatkan pasien yang mengalami patah gigi karena mengunyah es batu dan permen keras," kata dokter gigi John Grbic.

3. Merusak gusi

Mengunyah es batu dapat juga merusak gusi dengan resesinya. Resesi gusi adalah merosot atau turunnya gusi sampai akar gigi terlihat. Ini akan membuat gigi menjadi lebih sensitif saat makan atau minum sesuatu yang dingin atau panas.

Baca juga: Manfaat Es Batu untuk Kulit, Wajah Jadi Bercahaya hingga Kecilkan Jerawat 

Penting diketahui bahwa mengunyah es batu dapat merusak gigi yang ditambal, gigi berkawat, dan veneer.

Alternatif saat tidak bisa lepas dari kebiasaan ini, menurut dokter gigi Burhenne, adalah mengunyah es serut. Memang sama-sama membahayakan, tapi bisa meminimalkan kerusakan akibat es batu yang keras.

Es batu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini