Deretan Manfaat Bawang Bombai, Bisa Menyehatkan Pencernaan Lho

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 481 2342541 deretan-manfaat-bawang-bombai-bisa-menyehatkan-pencernaan-lho-cYJ7PKSMUz.jpg Bawang bombai memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Fresh Point)

BAWANG bombai menjadi salah satu bahan makanan favorit bagi sejumlah orang. Pasalnya, adanya bawang bombai dinilai membuat hidangan jadi lebih lezat dan menarik.

Di dalam bawang sendiri terkandung banyak nutrisi. Berdasarkan penjelasan para peneliti, bawang sangat sehat dengan kandungan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien.

Baca juga: Tips Simpan Bawang Putih Supaya Selalu Awet dan Segar 

Selain itu, flavonoid yang terdapat dalam bawang bermanfaat menurunkan risiko beberapa penyakit seperti parkinson, stroke, serta penyakit kardiovaskular.

Sementara bawang bombai sendiri juga diyakini mengandung serat, asam folat, antioksidan, serta agen antibakteri. Maka itu, bawang bombai dinilai lebih sehat.

Bawang bombai. (Foto: Racool Studio/Freepik)

Asupan bawang bombai baik untuk kesehatan dan bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah maupun matang. Berikut manfaat bawang bombai untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dirangkum dari Boldsky, Senin (11/1/2021).

1. Memiliki sifat melawan kanker

Sifat allium dalam bawang bombai memiliki senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang terbukti memiliki sifat melawan kanker. Selain itu, bawang bombai juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan tumor.

Baca juga: 5 Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui, Apa Saja? 

2. Mengatur kadar gula darah

Kandungan dalam bawang bombai yaitu kromium dan belerang membantu mengatur gula darah serta menurunkan gula darah. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang secara teratur bermanfaat bagi penderita diabetes atau pradiabetes.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Bawang bombai kaya akan inulin dan fruktooligosakarida prebiotik, dan jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

4. Menyehatkan jantung

Bawang bombai mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Beberapa ahli menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang bombai dapat membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kadar antioksidan, dan mengurangi pengeroposan tulang sehingga membantu mencegah osteoporosis serta meningkatkan kepadatan tulang.

Baca juga: Meski Terdengar Aneh, Ini 6 Manfaat Teh Bawang 

Bawang bombai. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini