Beautypedia, Apa Itu Kerutan di Wajah?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 611 2342324 beautypedia-apa-itu-kerutan-di-wajah-oRQD7wRkli.jpg Ilustrasi kerutan di wajah (Foto : Healthline)

Kulit yang mengendur dapat memunculkan garis-garis halus atau kerutan, terutama di wajah. Hal ini pun dapat mengganggu penampilan bagi sebagian orang.

Menurut Healthline, kerutan juga dikenal sebagai rhytides, yang merupakan lipatan di kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menghasilkan lebih sedikit protein kolagen dan elastin.

Ini membuat kulit Anda lebih tipis dan kurang tahan terhadap kerusakan. Paparan lingkungan, dehidrasi, dan racun dapat membuat wajah Anda lebih mudah mengalami kerutan.

Baca Juga : Ada Kerutan di Wajah? Atasi dengan 4 Cara Ampuh Ini

Keriput adalah bagian alami dari bertambahnya usia, dan tidak ada alasan untuk takut menua. Namun jika Anda ingin memperlambat tanda-tanda penuaan di wajah Anda, ada cara alami untuk melakukannya.

Kenakan tabir surya

Tabir Surya

Kebanyakan orang tahu bahwa memakai sunscreen dengan sun protection factor (SPF) lebih dari 30 dapat membantu mencegah kanker kulit. Sebuah studi tahun 2013 di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa tabir surya juga membantu menunda tanda-tanda penuaan.

Meskipun Anda mungkin sudah memakai tabir surya untuk pergi ke pantai, mengenakan tabir surya yang melembapkan di wajah Anda setiap hari adalah kebiasaan yang akan bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda dalam jangka panjang.

Batasi asupan gula Anda

Gula

Komunitas medis terus mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana konsumsi gula dapat memengaruhi kesehatan Anda. Gula dalam tubuh Anda memicu proses yang disebut glikasi, dan produk akhir glikasi lanjutan (disebut AGEs) bukanlah hal baik untuk kulit Anda.

AGE memecah kolagen di tubuh Anda dan, seiring waktu, dapat membuat Anda terlihat lebih tua. AGEs juga telah dikaitkan dengan metode persiapan makanan seperti merebusnya, bukan menggoreng. Membatasi asupan gula dan makanan kaya minyak akan membantu wajah Anda mempertahankan bentuk awet muda.

Berhenti merokok

Merokok berdampak buruk bagi kesehatan Anda karena banyak alasan, tetapi banyak orang tidak tahu bahwa hal itu dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah Anda. Satu studi menarik membandingkan wajah dari 79 pasangan kembar identik, yang satu memiliki kebiasaan merokok dan yang lainnya tidak.

Perbedaan usia mereka yang mencolok memperjelas bahwa merokok memang mempengaruhi kondisi kulit wajah Anda. Bahkan berada di sekitar perokok pasif dapat meningkatkan risiko Anda terhadap banyak kanker dan penyakit lainnya, dan juga dapat melukai kulit Anda.

Gunakan minyak kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami. Itu berarti ketika Anda mengaplikasikannya ke kulit, itu mengisi celah di epidermis Anda dan membuat kulit terasa halus.

Menunjukkan kecintaan pada kulit Anda dengan minyak kelapa tidak hanya membuatnya lebih halus, tetapi juga membantu kulit mempertahankan kelembapan, yang membuat wajah Anda tampak lebih berisi.

Sebagai bonus tambahan, minyak kelapa telah dipelajari terbukti sebagai perawatan yang efektif untuk kulit kering.

Tingkatkan beta karoten

Ada perdebatan medis yang sedang berlangsung tentang bagaimana dan mengapa beta karoten menghalangi sinar ultraviolet matahari merusak kulit dan mata Anda. Beta karoten dan retinol (vitamin A) sering menjadi bahan dalam krim anti kerut kosmetik yang tersedia untuk dibeli di pasaran.

Tetapi Anda tidak perlu membeli produk untuk mendapatkan akses ke beta karoten; Anda cukup mengonsumsi suplemen beta karoten dan melihat manfaatnya pada kulit Anda. Sedikitnya 30 miligram beta karoten per hari, diambil secara oral, dapat mencegah dan memperbaiki photoaging (atau dikenal sebagai kerutan).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini