4 Cara Eksfoliasi Wajah Sesuai dengan Tipe Kulit

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 611 2342591 4-cara-eksfoliasi-wajah-sesuai-dengan-tipe-kulit-dUGUUJEMUw.jpg Eksfoliasi kulit (Foto: Best Health Magazine)

Menginginkan kulit yang sehat dan bersih bisa dirawat dengan cara melakukan eksfoliasi dengan benar. Dengan demikian, wajah kusam, berisik, dan kasar akan segera halus dan bebas noda.

Eksfoliasi berarti mengelupas sel-sel kulit mati, selain menghaluskan juga secara efektif membantu produk perawatan menyerap wajah dan bekerja secara maksimal.

Mengutip dari Byrdie, penting untuk memahami tipe kulit sebelum melakukan eksfoliasi dan berikut perbedaan perawatannya.

 eksfoliasi

1. Kulit sensitif

Seseorang yang memiliki kulit sensitif tetap membutuhkan eksfoliasi. Gunakan produk yang memiliki asam laktat di dalamnya. Kulit sensitif yang mudah memerah, iritasi, dan kering, akan terkelupas secara lembut dengan kandungan ini dan juga terhidrasi. Lakukan satu hingga dua kali seminggu dan jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab atau serum yang menenangkan setelahnya.

2. Kulit kering

Kulit tipe kering wajib untuk melakukan eksfoliasi karena jika tidak dilakukan hanya akan menumpuk sel kulit mati. Sehingga akan menghalangi cara kerja produk perawatan wajah. Lakukan beberapa kali dalam seminggu dengan menggunakan scrub yang halus. Lihat perubahan yang diberikannya terhadap kulit agar terlihat halus dan bersinar.

3. Kulit normal atau kombinasi

Kulit ini memiliki area yang kering dan berminyak di beberapa area wajah dan bisa berubah seiring berubahnya musim. Lakukan eksfoliasi di T-zone (area dahi, hidung, dan dagu) karena cenderung berminyak. Oleskan juga pelembab atau serum setelahnya untuk membantu kulit lebih sehat.

4. Kulit berminyak

Kulit berminyak yang cenderung memiliki jerawat, komedo, dan pori-pori tersumbat yang akan lebih baik jika dieksfoliasi. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat dalam jumlah normal yang akan sangat membantu merawatnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini