Cairan Termahal di Dunia Ini Dijual Seharga Rp552 Miliar

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 612 2342401 cairan-termahal-di-dunia-ini-dijual-seharga-rp552-miliar-62Ja1fMvGG.jpg Cairan termahal di dunia (Foto: Oddity)

Racun kalajengking spesies Deathstalker bukan hanya menjadi menjadi racun termahal di dunia. Racun yang dihasilkan kalajengking jenis ini juga didapuk sebagai cairan termahal di dunia.

Racun kalajengking Deathstalker tersebut harganya ditaksir hingga USD39 juta per galon atau kurang lebih mencapai Rp552 miliar! Harga yang fantastis bukan?

 kalajengking

Tingginya harga racun kalajengking satu ini, bukan hanya merujuk pada jenis Deathstalker merupakan salah satu spesies kalajengking paling berbahaya yang sengatannya disebut mampu membunuh anak-anak dan orang lanjut usia. Sengatannya juga 100 kali lipat jauh lebih menyakitkan daripada sengatan lebah.

Mengutip Odditycentral, faktor penting yang menjadi kontribusi mengapa harga racun mematikan ini dibanderol sangat tinggi, ialah karena salah satu komponen dalam racun kalajengking Deathstalker adalah peptida klorotoksin.

Peptida klorotoksin sendiri diketahui sudah menunjukkan potensi untuk mengobati penyakit tumor otak pada manusia.

Sementara komponen lainnya dapat digunakan untuk mengatur insulin dan mengobati diabetes, maka tak heran ini jadi komponen yang sangat berharga untuk industri medis. Wajar saja jika laboratorium penelitian sepertinya mau membayar mahal untuk racun kalajengking satu ini.

Terakhir, langkanya racun kalajengking Deathstalker juga mendorong tingginya harga jual. Satu ekor kalajengking Deathstalker dewasa hanya menghasilkan hingga 2mg racun dalam satu waktu. Belum lagi proses perahnya, yang membutuhkan proses perah dengan tangan dan dilakukan satu per satu.

Setelah itu, satu ekor kalajengking membutuhkan waktu sekira 2 sampai 3 pekan minggu untuk mengisi kembali persediaan racunnya. Maka tak heran, mengumpulkan racun kalajengking Deathstalker hingga satu galon adalah sesuatu yang sangat sulit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini