Catat! Ini 11 Gejala yang Muncul karena Covid-19 Jenis Baru

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 612 2342473 catat-ini-11-gejala-yang-muncul-karena-covid-19-jenis-baru-YlARkc6zgB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VARIAN baru Covid-19 memang tengah menjadi kekhawatiran tersendiri bagi banyak orang. Varian tersebut awalnya ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan. Kini, Covid-19 itu kembali ditemukan di Jepang yang dibawa oleh wisatawan asal Brasil.

Menurut rumor yang beredar, varian baru virus corona tersebut lebih mudah menyebar dan memiliki risiko yang lebih tinggi dari sebelumnya. Karenanya, banyak masyarakat mulai resah yang dapat berujung pada stres dan depresi.

Meskipun tidak ada bukti bahwa varian Inggris menyebabkan penyakit yang lebih parah atau peningkatan risiko kematian, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengumumkan bahwa mereka memantau penyakit tersebut dengan cermat.

"Informasi mengenai karakteristik virologi, epidemiologi dan klinis dari varian tersebut muncul dengan cepat," kata CDC seperti dilansir dari Silive.

CDC mengatakan, perjalanan yang dilakukan oleh orang-orang Inggris, serta tingginya prevalensi varian ini di antara infeksi, berpotensi meningkatkan kemungkinan impor.

Nah, untuk mengetahui apakah seseorang terkena varian baru Covid-19, ada beberapa gejala yang harus dicermati. Memang, gejala varian baru virus corona sejauh ini identik dengan strain awal, tetapi CDC memantau situasinya dengan cermat.

Orang dengan jenis baru COVID-19 memiliki berbagai gejala, mulai dari yang ringan hingga yang parah. Gejala tersebut dapat muncul di mana saja dari dua hingga 14 hari setelah terpapar, dan termasuk:

- Demam atau kedinginan

- Batuk

- Sesak napas atau kesulitan bernapas

- Kelelahan

- Nyeri otot atau tubuh

- Sakit kepala

- Kehilangan rasa atau bau baru

- Sakit tenggorokan

- Hidung tersumbat atau meler

- Mual atau muntah

- Diare

Beberapa gejala, seperti kesulitan bernapas, nyeri dada, tekanan atau kesulitan untuk tetap terjaga, merupakan tanda penyakit serius dan membutuhkan perawatan medis segera.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini