Ratusan Burung Mati Misterius, Apa Sebabnya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 612 2342485 ratusan-burung-mati-misterius-apa-sebabnya-XHfP9zXF1x.jpg Ratusan burung mati (Foto: oddity)

Beberapa waktu lalu beredar foto dan video yang menunjukkan ratusan burung mati secara misterius di jalan-jalan Roma, Italia setelah perayaan malam tahun baru 2021. Saat ini video dan foto tersebut beredar luas di internet dan memicu berbagai teori konspirasi yang menjadi penyebabnya.

Ribuan burung mati ditemukan tergelatak di sekitar Stasiun Kereta Termini, di Roma, Italia. Meski penyebab pasti fenomena ini masih menjadi misteri, tapi kelompok pencinta hewan menyalahkan pertunjukkan kembang api tradisional sebagai biang keladinya.

 burung mati

Sebagaimana diketahui, Ibu Kota Italia telah mengumumkan larangan menggunakan kembang api menjelang malam tahun baru, sayangnya perintah tersebut diabaikan oleh sebagain besar masyarakat.

Cabang organisasi perlindungan hewan internasional (OIPA) telah menyerukan larangan nasional untuk menjual kembang api dan petasan untuk penggunaan pribadi, menyusul insiden menyedihkan ini.

“Saya sedang bertugas selama jam kerja ketika saya melewati Cavour, jalan dekat stasiun kereta api pusat. Awalnya saya tidak mengerti apa yang ada di jalan. Kemudian saya menyadari bahwa mereka adalah unggas yang mati dan jumlahnya ratusan. Ini pemandangan yang sangat buruk,” terang seorang supir taksi dari Roma, Diego Fennichia, melansir dari Oddity Central, Senin (11/1/2021).

Diego menjelaskan, kejadian yang ia lihat tersebut terjadi sekira pukul 00.40 waktu setempat dan penyebabnya bisa jadi karena kembang api. Kecurigaan serupa seperti Diegi juga dibagikan oleh Organisasi Perlindungan Hewan dengan juru bicara OIPA, Loredana Diglio.

Ia mengatakan bahwa ada berbagai cara di mana burung bisa mati sebagai akibat dari pertunjukkan kembang apa yang menimbulkan suara nyaring dan cahaya ledakan terang.

“Bisa jadi mereka mati karena ketakutan. Mereka bisa terbang bersama dan saling bertabrakan atau menabrak jendela atau kabel listrik. Jangan lupa, mereka (burung) juga bisa mati karena serangan jantung,” tuntasnya Diglio.

Foto-foto mengenaskan ini menjadi berita utama selama sepekan terakhir. Meskipun kembang api dinilai menjadi penyebab utama, namun masih belum tahu secara pasti apa yang membunuh burung-burung ini. Fenomena ini bukan menjadi misteri pertama. Beberapa tahun yang lalu, hampir 5.000 burung ditemukan mati secara misterius di tepi sebuah danau di India.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini