Yuk Cobain Teh Peppermint, Ini Lho 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 298 2342951 yuk-cobain-teh-peppermint-ini-lho-5-khasiatnya-untuk-kesehatan-tubuh-S5u3W8ayHx.jpg Teh peppermint memberi banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Racool Studio/Freepik)

BANYAK orang masih meragukan khasiat teh peppermint. Mereka mengira minuman ini mengandung kafein dan kurang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Tapi ternyata banyak khasiat bisa didapat dari meminum teh peppermint.

Teh peppermint sendiri adalah minuman yang dibuat dengan memasukkan daun peppermint ke air panas. Anda juga bisa membuat teh spearmint menggunakan daun spearmint.

Baca juga: Tak Disangka, Teh Kunyit Beri 5 Khasiat Menakjubkan Ini untuk Kesehatan 

Daun peppermint mengandung beberapa minyak esensial yang dilepaskan saat direndam dalam air panas, termasuk mentol, menthone, dan limonene. Secara kolektif, ini memberi teh peppermint rasa yang menyegarkan, mendinginkan, dan mint.

Mengutip dari bbcgoodfood, Selasa (12/1/2021), teh pepermint dapat dibuat dengan menggunakan daun segar, daun lepas yang telah dikeringkan, atau teh celup. Dalam kantong teh, peppermint dapat dicampur dengan rasa lain, seperti akar manis atau buah yang secara alami bebas kafein, jadi Anda bisa meminumnya sesuai keinginan.

Teh peppermint

Apakah Teh Peppermint Memiliki Nilai gizi?

Tidak ada nilai gizi dalam istilah makronutrien dalam teh peppermint, dan hanya mengandung sekira 2 kalori per 100 mililiter. Nilainya ada pada minyak esensial dan beberapa potensi manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Apakah Ada Efek Samping Minum Teh Peppermint?

Ada beberapa bukti bahwa teh peppermint mungkin tidak cocok untuk mereka yang menderita GERD (penyakit gastroesophageal reflux) karena justru dapat memperburuk gejala daripada menawarkan bantuan. Jika Anda mengalami sakit maag, atau mengalami hernia hiatus atau batu ginjal, sebaiknya hindari juga teh peppermint, karena meskipun tidak ada reaksi merugikan yang ditemukan, hal itu mungkin pada beberapa orang memperburuk gejala.

Baca juga: Khasiat Ajaib Kombucha, Teh Fermentasi yang Menyegarkan 

Apa Khasiat Teh Peppermint untuk Kesehatan Tubuh?

Ada lima khasiat utama yang akan Anda dapat ketika mengonsumsi teh pepermint, di antaranya:

1. Meredakan kembung dan gangguan pencernaan

Teh peppermint terkenal karena efek pencernaannya yang dapat membantu meredakan gejala seperti gas dan kembung. Beberapa penelitian menunjukkan teh peppermint dapat menenangkan sistem pencernaan.

Sebagian besar penelitian telah dilakukan pada minyak peppermint, yang lebih pekat daripada teh, dengan beberapa bukti bahwa minyak peppermint mungkin menawarkan beberapa bantuan jangka pendek untuk penderita irritable bowel syndrome (IBS) atau gangguan usus besar.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan minyak peppermint atau teh untuk mengatasi gejala IBS, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk memastikan bahwa itu cocok untuk Anda.

2. Bebas kafein

Teh peppermint murni terbukti bebas kafein. Jika Anda membeli campuran teh peppermint dengan teh hitam atau hijau, maka teh ini akan mengandung kafein.

3. Ramah dikonsumsi sebelum tidur

Tidak ada penelitian yang mendukung bahwa teh peppermint dapat membantu tidur, tetapi karena bebas kafein, sangat baik untuk diminum sebelum tidur dan dapat membantu Anda menjadi lebih rileks.

Baca juga: Yuk Minum Teh Hijau Sebelum Tidur, Ini Khasiatnya 

Teh peppermint. (Foto: Livestrong)

4. Membuat napas lebih segar

Peppermint banyak digunakan dalam permen karet, mint, dan pasta gigi untuk menyegarkan napas. Lalu berkat sifat antibakterinya yang alami, peppermint dapat membantu mencegah bau mulut.

5. Mengatasi hidung tersumbat

Meskipun meminum teh peppermint tidak akan menghilangkan rasa dingin, aroma mentol dari daun mint bersama uap dari teh dapat membantu meningkatkan aliran udara melalui hidung jika Anda mengalami hidung tersumbat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini