Resep Bubur Sumsum Manis Gurih, Bisa Disantap Hangat atau Dingin

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 298 2343159 resep-bubur-sumsum-manis-gurih-bisa-disantap-hangat-atau-dingin-Gme9WItQSi.jpg Bubur sumsum makanan lezat yang bisa dinikmati hangat atau dingin. (Foto: Answerguide)

BUBUR sumsum jadi salah satu makanan favorit di saat musim hujan seperti sekarang. Sebab dengan menyantapnya hangat-hangat, tubuh juga ikut menjadi hangat. Tapi jangan salah, kalau ingin menikmatinya dengan secara dingin, bubur sumsum juga bisa ditambahkan es lho. Kedua sajian tersebut sama-sama enak.

Bubur sumsum sendiri merupakan makanan dengan ciri khas berwarna putih. Bubur sumsum terbuat dari tepung beras dan dimakan dengan kuah manis yang terbuat dari air gula merah.

Baca juga: Bubur Sumsum, Pendamping Menu Utama Berbuka Puasa yang Enak! 

Nama bubur sumsum diambil dari penampilannya yang seperti sumsum tulang. Biasanya para pedagang bubur sumsum menjualnya bersama candil atau bubur biji salak.

Meski banyak yang menjual, ternyata bubur sumsum mudah dibuat sendiri di rumah lho. Rasanya yang manis, gurih, dan teksturnya yang lembut akan membuat siapa saja pasti menyukainya.

Bubur sumsum dapat dinikmati baik dingin maupun hangat. Tertarik mencobanya? Berikut resep bubur sumsum, seperti dinukil dari Tastemade, Selasa (12/1/2021).

Bubur sumsum. (Foto: Noble-House)

Bahan Bubur Sumsum:

- 150 gram tepung beras

- 1 liter santan atau sesuai selera

- 1 sendok teh garam

Baca juga: Gurihnya Bubur Jagung Wortel, Ini Cara Membuatnya 

Bahan Kuah Gula:

- 250 gr gula merah

- 1 lembar daun pandan

- Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Masukkan tepung beras, sedikit garam, santan sedikit demi sedikit pada panci yang telah dipanaskan.

2. Aduk bubur sampai mengental dan tampak meletup-meletup sebagai tanda telah masak, lalu sisihkan.

3. Iris-iris gula merah, berikan air secukupnya, lalu berikan selembar daun pandan. Aduk-aduk saus hingga gula merah larut. Sajikan bubur sumsum dengan air gula merah.

Selamat mencoba.

Baca juga: HUT Jakarta, Bubur Ase Makanan Khas Betawi yang Disukai Jokowi 

Bubur sumsum. (Foto: @Resepmasakan)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini