Zaman Modern Santri Jarang Masak Sendiri, Kiai Cholil Nafis: Sudah Ada Mister Chef

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 298 2343237 zaman-modern-santri-jarang-masak-sendiri-kiai-cholil-nafis-sudah-ada-mister-chef-j8NKdtoUZA.jpg Kiai Cholil Nafis di tayangan pesantren kuliner (Foto : YouTube/haiper community)

Pondok pesantren (ponpes) menjadi salah satu tempat menimba ilmu, bagi pelajar muslim yang ingin memperdalam agama. Namun di ponpes tak hanya belajar agama saja lho. Misalnya di Ponpes Cendekia Amanah.

Ponpes yang diasuh oleh Kiai Cholil Nafis ini membuat program TRENKU, artinya Pesantren Kuliner. Nantinya para santri akan menyantap menu makanan lebih modern.

"Jadi di pesantren itu jangan hanya dikesankan makan terong, tempe, tahu," kata Kiai Cholil seperti dikutip dari channel YouTube Haiper Community.

Kiai Cholil Nafis

Ia melanjutkan, di masa modern ini hampir setiap santri di ponpesnya masing-masing tidak lagi memasak sendiri. Melainkan sudah ada juru masak yang membantu menyiapkan segala konsumsi para santri.

"Sekarang sudah modern, jadi santri sudah jarang yang masak sendiri, sudah ada mister chefnya," terangnya.

Baca Juga : Jadikan Wabah sebagai Rahmat dengan Bertakwa kepada Allah Ta'ala

Salah satu alumni ponpes di Jawa Barat, Ziana mengatakan, pesantren dulu dan sekarang sudah berbeda. Terlebih dari menyajikan makanannya yang lebih menggiurkan, dan istimewa.

"Dulu saya di pesantren makan daging sebulan sekali itu senang banget. Tapi sekarang Alhamdulillah, sudah banyak ponpes yang memberikan makanan lebih modern, dan kebutuhan gizi santrinya semakin lengkap," katanya saat dihubungi MNC Portal, Selasa (12/1/21).

Ziana pun mengenang ketika dirinya harus ikut memasak, menyajikan makanan untuk para santri. Mulai dari mengiris bawang, memotong sayur, hingga mencuci piring. "Sekarang Alhamdulillah, sepertinya santri lebih nyaman. Semoga belajarnya pun semakin semangat," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini