Vaksinasi Lansia, Menkes Budi: Akan Dimulai Maret-April 2021

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 481 2343121 vaksinasi-lansia-menkes-budi-akan-dimulai-maret-april-2021-DdifLogobP.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: The Scientist)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hari ini diketahui menghadiri rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, BPOM, dan Bio Farma terkait vaksinasi Covid-19.

Salah satu paparan yang dijelaskan oleh Menkes Budi, terkait dengan jadwal pelaksanaan vaksin. Sebagai awalan, proses vaksinasi yang dimulai pekan ini akan ditujukan terlebih dahulu kepada 1,48 juta tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

 Menkes Budi

“Mulai pekan ini, rolling mudah-mudahan akhir Februari bisa selesai. Di seluruh dunia tahapan ini sama, kenapa ke tenaga kesehatan dulu karena diberikan ke orang-orang berisiko tinggi terpapar. Sebab tenaga kesehatan selalu terpapar pasien Covid-19, mereka lah yang pertama kali,” ujar Menkes Budi dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI, BPOM, dan Bio Farma, Selasa (12/1/2021).

Setelah tenaga kesehatan, lanjut ke tahap kedua yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok A, para pejabat publik (kelompok orang-orang yang dalam pekerjaan sehari-harinya bertemu banyak orang).

Kemudian kelompok B, yakni lansia sebanyak 21,5juta yang disebut Menkes Budi akan mulai divaksinasi pada Maret hingga April 2021.

“Lansia sekitar Maret sampai April 2021, kalau misalnya selesai maka akhir April atau awal Mei kita bisa lakukan vaksinasi untuk seluruh masyarakat,” tambahnya.

Kaum lansia, orang-orang berusia di atas 60 tahun dimasukkan ke dalam kelompok 2B dalam jadwal vaksinasi karena pemerintah masih menunggu kedatangan vaksin Pfizer dan Astrazeneca yang sekiranya akan datang di April 2021.

 Baca Juga : Sebelum Pesawat Jatuh, Pramugari Sriwijaya Air Mia Tresetyani Telpon Ibu Bilang Hujan

“Di Indonesia, kita taruh lansia di kelompok 2B karena memang vaksin yang sekarang itu Sinovac, uji klinisnya baru sampai usia 59 tahun. Kita harap Pfizer dan Astrazeneca datang di April, kita harapkan itu adalah vaksin yang uji klinisnya sudah digunakan untuk usia di atas 60 tahun,” pungkas Menkes Budi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini