5 Gejala Diabetes pada Anak dan Remaja, Yuk Segera Diatasi

Iman Firmansyah, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 481 2343135 5-gejala-diabetes-pada-anak-dan-remaja-yuk-segera-diatasi-HTaxP729M7.jpg Ilustrasi tes diabetes. (Foto: Tesa/Pixabay)

SAKIT diabetes bisa menyerang anak-anak dan remaja. Mereka bisa saja menderita diabetes tipe 1 atau 2. Diabetes pada anak dan remaja bisa dikatakan sangat berat, terutama jika terjadi pada usia yang sangat dini.

Diabetes tipe 1 dilaporkan banyak terjadi pada anak-anak. Ini dikarenakan kondisi autoimun di mana sel beta pankreas dihancurkan, menyebabkan produksi insulin yang tidak mencukupi sehingga menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Baca juga: Kaki Selalu Dingin, Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2 

Anak-anak atau remaja juga bisa terkena diabetes tipe 2. Kondisi ini kemungkinan besar disebabkan obesitas, namun prevalensinya lebih rendah dibandingkan orang dewasa.

Diagnosis dini dan pengobatan awal anak atau remaja dengan diabetes sangat penting. Diabetes tipe 1 memiliki gejala yang cepat dalam beberapa pekan, sementara gejala diabetes tipe 2 berkembang perlahan seiring berjalannya waktu.

Berikut ini gejala diabetes yang terdeteksi pada anak dan remaja, seperti dirangkum dari Boldsky, Selasa (12/1/2021).

1. Penurunan berat badan yang tidak disengaja

Gejala diabetes lainnya pada anak-anak dan remaja adalah penurunan berat badan secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan ketika konversi glukosa menjadi energi dibatasi karena produksi insulin yang rendah, tubuh mulai membakar otot dan menyimpan lemak untuk energi sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang tiba-tiba.

2. Lapar

Jika Anda melihat anak atau remaja mengonsumsi makanan secara berlebihan dan selalu merasa tidak cukup, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, karena bisa jadi itu gejala diabetes.

Baca juga: Alasan Pasien Diabetes Harus Rajin Makan Brokoli 

3. Kulit menjadi gelap

Penggelapan kulit biasanya dikaitkan dengan diabetes. Pada anak-anak dan remaja, tempat umum terjadinya penggelapan kulit biasanya di leher posterior.

4. Masalah penglihatan

Prevalensi masalah mata pada anak penderita diabetes lebih banyak dibandingkan anak-anak normal. Gula darah yang tinggi dapat merusak saraf mata sehingga menyebabkan masalah mata seperti penglihatan kabur atau kebutaan total.

5. Selalu kelelahan

Seorang anak dengan diabetes tipe 1 tidak memiliki cukup insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi sehingga kekurangan energi justru membuat mereka akan mudah lelah atau setelah melakukan aktivitas fisik bahkan dalam skala kecil.

Baca juga: Penyebab Diabetes Tipe 1 yang Kerap Menyerang Anak, Orangtua Wajib Tahu 

Ilustrasi diabetes

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini