6 Tips Mengatasi Bibir Gelap Secara Alami

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 481 2343211 6-tips-mengatasi-bibir-gelap-secara-alami-gDxO5NjOIk.jpg Merawat bibir (Foto: Style Craze)

Bibir gelap seringkali terasa tak nyaman karena dapat menganggu penampilan. Dari bibir pecah-pecah, paparan sinar matahari hingga pemakaian lipstik merupakan penyebab bibir menjadi gelap.

Bibir memiliki kelenjar minyak yang berfungsi menjaga kelembaban. Tiap orang memiliki bentuk bibir dan kadar lembabnya masing-masing. Bibir gelap juga bisa saja disebabkan kondisi kelebihan melanin.

Padahal bibir merah muda dapat menambah pesona Anda. Saat menyadari bibir mulai menggelap berbagai cara dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini tips sederhana untuk mengembalikan warna, kilau pada bibir dilansir dari Boldsky

 merawat bibir

1. Perhatikan apa yang Anda gunakan di bibir

Anda perlu memperhatikan bahan yang terkandung dalam kosmetik yang digunakan untuk bibir. Produk seperti lipstick, lip balm, dan lip gloss yang ada di pasaran mengandung bahan kimia, dan beberapa mungkin terlalu keras untuk bibir dan menyebabkan bibir menjadi gelap.

Periksa produk yang Anda miliki, buang yang sudah kadaluwarsa dan yang mengandung paraben, oxybenzone, butylated hydroxyanisole (BHA) dan butylated hydroxytoluene (BHT). Gunakan lip balm dan lipstick dengan formulasi alami dan organik.

2. Gunakan sun protection di bibir

Sangat penting untuk tak hanya merawat kulit, tetapi juga bibir Anda. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat membuat bibir Anda kering, dehidrasi, dan gelap. Maka, lindungilah bibir dengan gunakan lip balm yang mengandung SPF di dalamnya. Sebisa mungkin gunakan lipstik dengan SPF juga. Ini akan menghindarkan bibir dari kerusakan akibat sinar matahari sekaligus membuat Anda tampil cantik.

3. Jaga kelembaban bibir

Bibir yang kering dan pecah-pecah memiliki kemungkinan lebih tinggi menjadi gelap. Seiring waktu, hal itu membentuk pigmen bibir. Seperti kulit, bibir juga perlu dilembabkan agar tetap sehat, gunakan lip balm sepanjang hari.

4. Scrub bibir secara teratur

Jarang diketahui, namun bibir perlu di scrub agar tetap sehat. Hal ini menyebabkan sel kulit mati, penumpukan bahan kimia yang ada dibibir mengelupas sementara waktu. Ada banyak produk scrub bibir yang dijual di pasaran, namun akan lebih baik jika menggunakan bahan alami.

Misalnya dengan mencampurkan gula pasir dan madu, lalu gosokkan pada bibir dan diamkan selama 15 menit. Jika tidak ada, setelah sikat gigi, gunakan sikat gigi untuk mengosok bibir dengan lembut.

5. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu alasan utama bibir gelap dan dehidrasi. Seiring berjalannya waktu rokok dapat merubah warna bibir, dan hal itu tidak dapat dihindari. Meskipun efek samping itu tidak dapat diubah, namun hal ini dapat dicegah jika Anda berhenti. Jika bibir Anda pecah-pecah dan gelap, segera berhenti merokok untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

6. Berhenti menggigit atau menjilat bibir

Menggigit dan menjilat bibir merupakan kebiasaan yang sering tidak disadari. Apalagi dalam keadaan gugup, cemas atau sedang konsentrasi, kita cenderung menjilat atau bahkan menggigit bibir secara tidak sadar.

Enzim pencernaan dalam air liur dapat menghapus lapisan pelindung paling atas dari kulit dan membuat bibir rusak. Jadi, sebisa mungkin hentikan kebiasaan ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini