Teh Hijau Efektif Turunkan Berat Badan, Ini Cara Kerjanya

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 481 2343394 teh-hijau-efektif-turunkan-berat-badan-ini-cara-kerjanya-aaCoPCiphp.jpg Teh hijau cukup efektif menurunkan berat badan. (Foto: Shutterstock)

TEH hijau menjadi sebagai salah satu minuman sehat yang baik bagi tubuh manusia. Pasalnya, teh hijau kaya akan antioksidan dan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa orang menyebut teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Baca juga: Stres 2021 Corona Masih Menghantui? Coba Santap Makanan dan Minuman Ini 

Lalu bagaimana caranya? Berikut Okezone paparkan cara kerja teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan, seperti dirangkum dari Healthline, Rabu (13/1/2021).

1. Kafein membantu pembakaran lemak

Daun teh hijau mengandung banyak senyawa bermanfaat, salah satunya adalah kafein. Meskipun secangkir teh hijau mengandung kafein, jumlahnya cukup sedikit (24–40 miligram) dibandingkan secangkir kopi (100–200 mg).

Kafein adalah stimulan terkenal yang telah ditemukan membantu pembakaran lemak dan meningkatkan kinerja olahraga dalam berbagai penelitian. Namun, teh hijau benar-benar bermanfaat karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa minum secangkir teh hijau meningkatkan jumlah antioksidan dalam aliran darah Anda. Minuman sehat ini sangat kaya akan antioksidan kuat yang disebut katekin.

Teh hijau

2. Memecah lemak dari selnya

Guna membakar lemak, tubuh harus terlebih dahulu memecahnya di dalam sel dan memindahkannya ke aliran darah. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam teh hijau dapat membantu proses ini, yakni meningkatkan efek beberapa hormon pembakar lemak, seperti norepinefrin (noradrenalin).

Zat terpenting dalam teh ini adalah epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan metabolisme. EGCG juga dapat membantu menghambat enzim yang memecah hormon norepinefrin.

Ketika enzim ini dihambat, jumlah norepinefrin meningkat, sehingga mendorong pemecahan lemak. Faktanya, kafein dan EGCG dapat ditemukan secara alami dalam teh hijau yang mungkin memiliki efek sinergis.

Baca juga: Trump Akui Bertanggung Jawab Atas Kerusuhan Capitol

3. Senyawa katekin tingkatkan pembakaran lemak saat olahraga

Jika melihat label di suplemen penurun berat badan dan pembakar lemak pada produk komersial, Anda mungkin akan melihat teh hijau terdaftar sebagai salah satu bahannya. Ini karena ekstrak teh hijau telah berulang kali dikaitkan dengan peningkatan pembakaran lemak, terutama selama olahraga.

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi ekstrak teh hijau sebelum berolahraga, membakar lemak 17 persen lebih banyak daripada pria yang tidak mengonsumsi suplemen. Studi tersebut menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan efek pembakaran lemak dari olahraga.

Sebuah studi yang dilakukan selama delapan minggu menentukan senyawa katekin pada teh meningkatkan pembakaran lemak, baik selama olahraga maupun istirahat (tidur).

4. Efektif membakar kalori

Pada umumnya tubuh akan terus-menerus membakar kalori. Bahkan saat Anda tidur atau duduk, sel yang ada pada tubuh menjalankan jutaan fungsi yang membutuhkan energi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau atau suplemen EGCG dapat membuat Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat Anda sedang istirahat. Dalam beberapa penelitian, jumlah ini meningkat sekira 3–4 persen, meskipun beberapa menunjukkan peningkatan setinggi 8 persen.

Untuk orang yang membakar 2.000 kalori per hari, 3–4 persen sama dengan 60–80 kalori tambahan yang dihabiskan per hari dan ini sesuai dengan yang Anda harapkan dari diet tinggi protein. Meskipun sebagian besar studi ini durasinya sangat singkat, beberapa bukti menunjukkan bahwa efek peningkatan metabolisme tetap ada dalam jangka panjang.

Baca juga: 6 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan, Salah Satunya Bikin Jantung Lebih Sehat 

Teh hijau

5. Turunkan lemak perut yang berbahaya

Dalam hal penurunan berat badan yang sebenarnya, efek teh hijau relatif sederhana. Meskipun banyak penelitian menunjukkan bahwa orang memang ingin menurunkan berat badan, ada juga beberapa penelitian yang tidak menunjukkan efek apa pun.

Dua ulasan dari banyaknya uji coba terkontrol pada suplemen teh hijau menemukan bahwa orang kehilangan sekira 3 pon (1,3 kg) rata-rata. Perlu diingat bahwa tidak semua lemak sama.

Lemak subkutan yang berada di bawah kulit Anda dan lemak visceral dalam jumlah besar, juga disebut sebagai lemak perut. Jumlah lemak visceral yang tinggi dikaitkan dengan peradangan dan resistensi insulin, keduanya sangat terikat dengan beberapa penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Beberapa penelitian tentang senyawa katekin pada teh hijau menunjukkan meskipun efeknya pada penurunan berat badan sederhana, persentase lemak yang hilang secara signifikan adalah lemak visceral yang berbahaya bagi tubuh Anda. Jadi, teh hijau ini sangat terbukti menjadi pilihan diet yang sangat tepat untuk Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini