4 Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 611 2343047 4-cara-menghentikan-kebiasaan-menggigit-kuku-57IHZztkrf.jpg Menggigit kuku (Foto: Tooth Stars)

Kebiasaan menggigit kuku merupakan kebiasaan yang kurang baik karena akan mempengaruhi kesehatan. Ternyata ada sekitar 20-30% populasi umum yang melakukannya.

Ini lebih berpotensi terjadi pada pria dibanding dengan wanita. Sebagian dari mereka mengaku menggigit kuku tanpa sadar dan tidak jelas.

Hal-hal yang disebabkan dari kebiasaan menggigit kuku adalah saat kuku kotor, bakteri bisa tertransfer ke dalam mulut, luka pada jari-jari yang memungkinkan bakteri dan virus masuk ke kulit, dan merubah bentuk kuku secara permanen.

Maka dari itu, kebiasaan ini perlu dihentikan dengan cara-cara berikut ini yang dilansir dari Insider.

 melakukan perawatan kuku

1. Lakukan perawatan kuku

Lakukan perawatan kuku dengan meni pedi. Sehingga tampilan kuku yang indah akan membuat sayang untuk digigit. Selain itu oleskan juga cat kuku yang memiliki rasa aneh, ini dapat mencegah keinginan untuk menggigit kuku.

2. Potong kuku secara teratur

Disarankan oleh Dokter Gan Eng Cern, “Potong pendek kukunya, sehingga Anda akan memiliki sedikit kuku untuk digigit. Dengan trik ini, ada kemungkinan besar Anda tidak akan melakukannya jika memiliki kesulitan meraih kuku dengan gigi.”

Cobalah berhenti menggigit kuku meskipun sudah pendek jika tidak ingin iritasi kulit, pendarahan, dan pertumbuhan kuku yang tidak tepat.

3. Memakai sarung tangan

Cobalah untuk memakai sarung tangan agar mencegah menggigit kuku. Dengan pakai sarung tangan maka lebih sukar menggigit kuku. Ini menurut Saran Dokter Susan Bard.

4. Temukan pemicunya

Meskipun kebanyakan orang tidak menyadari alasan yang pasti mengapa mereka menggigit kuku tapi lebih baik mencari tahu penyebabnya. Seperti yang dikatakan Dokter Gan, “Apakah menggigit kuku karena gugup atau hanya bosan.”

Menurutnya ada empat pemicu mengapa orang suka menggigit kuku, yaitu kuku yang panjang, tidak memakai cat kuku, situasi yang memicu stres, kebosanan. Dan ada tiga faktor yang mendorong kebiasaan tersebut, seperti genetik, kecemasan, dan bosan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini