5 Cara Atasi Jerawat di Area Rahang dan Dagu Tanpa Ribet

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 611 2343176 5-cara-atasi-jerawat-di-area-rahang-dan-dagu-tanpa-ribet-DJvI3z0R6o.jpg Tips atasi jerawat di garis rahang dan dagu (Foto : Dermstore)

Jerawat di garis rahang dan dagu sering terjadi pada orang dewasa. Penyebab jerawat bisa karena ketidakseimbangan hormon, seperti saat waktu menstruasi sudah dekat, namun jerawat di garis rahang tidak selalu hormonal.

Produksi sebum yang berlebihan dan penumpukan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati di wajah juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di garis rahang dan dagu.

Dengan beberapa tindakan pencegahan, jerawat di daerah ini dapat dilawan dengan mudah. Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup dan menggunakan bahan-bahan yang dapat melawan jerawat untuk memenangkan pertempuran melawan jerawat.

Berikut ini tips menghilangkan jerawat yang ada di jawline tanpa ribet, dilansir dari Boldsky pada Rabu, (13/1/2021).

1. Jangan Menyentuh Wajah

Muka Mulus

Saat sedang berpikir atau bengong, orang cenderung meletakkan wajah di tangan. Namun, Gerakan sederhana ini dapat memindahkan kuman dari tangan ke wajah dan menyebabkan jerawat di garis rahang. Bayangkan berapa kali Anda melakukan hal tersebut, berhati-hatilah dengan gerakan tanpa sadar ini dan jauhkan tangan dari wajah. Pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang wajah untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri serta untuk menghentikan jerawat.

Baca Juga : Gak Pede karena Bekas Jerawat? Hilangkan dengan 3 Bahan Rumahan Ini

2. Biarkan Kulit Bernapas

Jerawat di garis rahang bisa menjadi semakin parah jika Anda menggunakan riasan berlapis. Biasanya untuk menutupi jerawat ini digunakan foundation, concealer, dan bedak. Alih-alih mengira hal ini dapat mengakali jerawat, justru ini memperburuknya.

Semua produk riasan itu menyumbat pori-pori kulit, dan menarik lebih banyak kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat. Biarkan kulit Anda bernapas agar sembuh dengan sendirinya. Jadi, biarkan wajah tanpa riasan, dan gunakan produk mineral saat jerawat membaik.

3. Eksfoliasi Kulit Secara Teratur

Pori-pori yang tersumbat dan bakteri merupakan dua penyebab paling umum dari jerawat. Eksfoliasi dianjurkan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati dari wajah untuk membuka pori-pori. Ini juga mencegah bakteri pada kulit.

Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu dan lakukan perawatan secara lembut pada kulit. Gerakan yang kasar dapat mengiritasi kulit.

4. Gunakan Produk untuk Kulit Berjerawat

Perawatan Wajah

Untuk menghilangkan jerawat di garis rahang gunakan produk yang mengandung bahan anti jerawat. Bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan asam miristat terbukti efektif melawan jerawat. Tidak hanya mengeringkan jerawat dan membersihkan kulit, tetapi juga dapat mencegah datangnya jerawat. Jadi, ubah rutinitas perawatan kulit Anda dengan menggunakan produk yang dapat menghilangkan jerawat dan bekerja sampai akar penyebab masalahnya.

5. Jauhi Makanan Berminyak

Produksi minyak berlebih pada kulit dapat menyebabkan timbulnya jerawat di garis rahang. Selain itu, makan makanan berminyak dan makanan mengandung banyak gula dapat memperburuk dan memperparah jerawat Anda.

Untuk mengatasi jerawat garis rahang, Anda perlu memperhatikan pola makan. Jauhi makanan berminyak dan konsumsi makanan yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan untuk mengatasi berbagai masalah kulit serta menjaga kesehatan kulit secara optimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini