7 Cara Alami Mendetoks Tubuh

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 612 2343180 7-cara-alami-mendetoks-tubuh-B01mq9czM9.jpg Minum air untuk detoks (Foto: Freepik)

Mendetoks tubuh merupakan proses membersihkan tubuh dari racun yang dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan. Manfaat mendetoks tubuh, salah satunya meningkatkan kesehatan.

Padahal sebetulnya tubuh sendiri sudah secara alami dapat menghilangkan racun dengan peran dari hati, ginjal, sistem pencernaan, kulit, dan paru-paru. Tapi mereka hanya bekerja secara optimal jika masih dalam kondisi sehat.

Seperti yang dilansir dari Healthline, sebagai gantinya akan sangat membantu jika melakukan beberapa kegiatan berikut ini yang mendorong proses detoks seluruh tubuh. Apa saja?

 tidur

1. Fokus tidur

Memiliki jam tidur yang teratur dan cukup akan sangat membantu tubuh untuk mendetoks segala jenis racun. Tidur memungkinkan otak untuk mengatur dirinya dan membuang produk racun berupa beta-amyloid yang berkontribusi pada perkembangan penyakit Alzheimer.

2. Minum lebih banyak air

Air sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk mendetoks tubuh. Air akan mengangkut produk limbah melalui buang air kecil, pernapasan, dan berkeringat.

3. Mengurangi asupan gula dan junk food

Konsumsi makanan manis dan junk food yang berlebihan dikaitkan dengan penyakit obesitas, jantung, kanker, dan diabetes. Ini akan menghambat kemampuan tubuh untuk mendetoks dirinya secara alami karena hati dan ginjal tidak lagi berfungsi secara maksimal.

4. Makan makanan kaya antioksidan

Antioksidan membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Makanlah dari sumber makanan yang pasti, bukan suplemen. Bisa dengan buah-buahan, kacang-kacangan, coklat, sayuran, dan rempah-rempah. Ini akan menurunkan risiko penyakit yang dapat berdampak pada detoksifikasi.

5. Makan makanan kaya prebiotik

Sel usus memiliki sistem detoksifikasi dan ekskresi yang melindungi tubuh dari racun berbahaya. Kesehatan usus bisa didapatkan dari mengkonsumsi probiotik yang dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

6. Mengurangi asupan garam

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan tubuh menahan cairan berlebih yang bisa menyebabkan kembung. Untuk menghilangkannya dapat dengan meningkatkan asupan air dan makanan kaya kalium, seperti kentang, labu, kacang merah, pisang, dan bayam.

7. Beraktivitas

Aktivitas fisik yang teratur dapat menurunkan kemungkinan peradangan dan mendetoksifikasi tubuh dengan baik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini