Tak Selalu Buruk, Ini 4 Sisi Positif Melamun

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 612 2343203 tak-selalu-buruk-ini-4-sisi-positif-melamun-on9z6ViK9u.jpg Melamun (Foto: Clarity Clinic)

Melamun seringkali dianggap sesuatu yang buruk dan memiliki konotasi negatif. Namun, nyatanya ini merupakan hal baik yang dilakukan untuk melepaskan diri sementara dari kehidupan sehari-hari atau momen yang dialami.

Mengosongkan pikiran dengan melamun juga bisa menjadi metode yang sehat untuk menghadapi situasi tertentu. Apalagi dalam membangkitkan kreativitas atau relaksasi beberapa menit.

Melansir dari Everyday Health, pandangan mengenai melamun bergantung pada cara menggunakannya. Berikut ini beberapa sisi positif yang diberikan dari melamun.

 melamun

1. Melamun sebagai pereda stres

Meskipun melamun adalah tindakan yang spontan, cobalah untuk menetapkan waktu tertentu untuk duduk di tempat sunyi dan mulai melamun. Ini banyak dilakukan sebagai pereda stres yang ideal setelah bekerja seharian, pertengkaran, bahkan peristiwa traumatis.

Melamun bisa membantu pikiran lebih tenang dan menarik diri sejenak dari kenyataan. Efek setelahnya yang diberikan bisa membuat kita kembali ke situasi yang sama tapi dengan sikap yang baru.

2. Melamun membantu pikiran rileks

Dengan melamun pikiran bisa beristirahat sekaligus berkelana. Ini banyak dilakukan selama orang-orang bersantai. Alhasil seseorang akan mendapatkan kembali kesegaran pikirannya yang telah diperbarui. Misalnya Anda melamun sedang menikmati hembusan angin pantai dan deru ombak yang indah.

3. Melamun membantu mengelola konflik

Metode melamun dalam mengelola konflik dapat membantu meninjau situasi tertentu di kepala dan mempersiapkan diri untuk berbagai kejadian. Seseorang akan lebih memvisualkan beberapa kemungkinan di pikirannya sehingga lebih antisipatif.

4. Melamun dapat menjaga hubungan

Saat seseorang terpisahkan dengan pasangan, teman, atau keluarga, melamun bisa sedikit membantu dengan membuatnya merasa seperti masih bersama. Dengan melamun seseorang dapat memutar kembali momen-momen indah yang telah dilalui bersama atau rencana ke depan dengan mereka.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini