Harus Karantina Mandiri, Ini Daftar Vitamin yang Bantu Pemulihan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 612 2343295 harus-karantina-mandiri-ini-daftar-vitamin-yang-bantu-pemulihan-39uuwZSjfA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MELONJAKNYA kasus Covid-19 di Indonesia, membuat rumah sakit memilah-milah mana yang harus didahulukan untuk dirawat. Umumnya, pasien yang terjangkit Covid-19 namun tidak memiliki gejala, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Saat isolasi mandiri, ada baiknya Anda lebih memperhatikan asupan gizi karena tidak ada perawat yang akan mengurus Anda. Karena itu, berikut Okezone lampirkan jenis-jenis vitamin yang baik untuk memulihkan diri dari Covid-19 seperti dilansir Medicinet.

Vitamin C

Umumnya, vitamin C dapat membantu Anda melawan flu lebih cepat atau meredakan gejala pilek jika Anda meminumnya sebelum sakit. Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan, dan peradangan paru-paru adalah gejala COVID-19 yang parah, yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan atau bahkan kematian.

Jadi di masa penyembuhan, tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi vitamin C sekarang juga.

vitamin

Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu tubuh Anda mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah yang optimal, yang dapat Anda peroleh melalui paparan sinar ultraviolet matahari, atau melalui suplemen dan makanan yang Anda makan.

Mendapatkan vitamin D yang cukup juga dapat melindungi Anda dari infeksi saluran pernapasan. Suplementasi vitamin D secara signifikan mengurangi kemungkinan infeksi saluran pernapasan, berdasarkan studi klinis yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics.

Vitamin B kompleks

Vitamin B6 sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan Anda dalam kondisi prima. Pastikan untuk mendapatkan cukup vitamin B sebagai suplemen, sebagai bagian dari makanan harian Anda (Anda bisa dengan mudah mendapatkan asupan harian dari sereal yang diperkaya) atau dalam multivitamin.

Seng

Mengonsumsi obat yang dijual bebas dengan kandungan seng di dalamnya (sebagai sirup atau tablet) membantu mempersingkat durasi pilek rhinovirus. Seng juga membantu gejala hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, sakit tenggorokan, dan batuk.

Seng juga telah ditemukan untuk membantu memproduksi dan mengaktifkan sel-T (limfosit-t), yang memicu tubuh untuk merespons infeksi, menurut NIH.

Untuk pemulihan yang lebih cepat, mulailah mengonsumsi seng untuk mengobati penyakit Anda dalam 24 jam pertama gejala. Dosis seng yang tepat adalah 75 mg, tetapi waspadalah: Mengonsumsi lebih dari 150 mg seng per hari dapat menyebabkan keracunan seng dan juga berdampak negatif pada sistem kekebalan Anda.

Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu untuk mencegah reaksi yang merugikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini