Yuk Lawan Penuaan Dini dengan 5 Langkah Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 612 2343347 yuk-lawan-penuaan-dini-dengan-5-langkah-ini-BbTfhGVofA.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMILIKI tampilan awet muda adalah dambaan setiap orang. Melawan tanda-tanda penuaan pada kulit bisa dilakukan dengan cara merawatnya dengan baik dan rutin menggunakan produk-produk kecantikan tertentu.

Sebelum itu, pastikan Anda telah rajin menggunakan skin care dasar seperti pelembab dan tabir surya setiap hari. Ini akan membantu mengencangkan kulit.

Melansir dari Webmd, masalah penuaan kulit seperti kerutan, kendur, dan lain-lain, memiliki bahan perawatannya masing-masing. Penting untuk mengetahui cara kerja dan manfaatnya. Lantas apa sajakah di antaranya?

Penuaan kulir

Kulit keriput : Vitamin C dan Retinol

Keriput atau garis-garis halus pada wajah bisa dirawat dengan menggunakan bahan retinol yang berasal dari vitamin A ini. Retinol dapat membantu kulit memproduksi lebih banyak kolagen. Perlu diketahui untuk memulai menggunakan retinol dengan kadar terendah dahulu sebelum mencoba yang lebih tinggi.

Sementara vitamin C dapat membantu menghilangkan garis-garis halus, menghilangkan kerutan, dan membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit.

Vitamin C hendaknya dioleskan di pagi hari. Sementara retinoid pada malam hari karena sinar matahari mungkin menghentikan kerjanya.

Kulit kendur: Peptida, Ceramides

Peptide adalah kelompok asam amino yang membantu pembuatan protein, termasuk kolagen.

Pelembab ceramide atau lemak yang berada di lapisan kulit manusia yang hilang seiring bertambahnya usia, bisa menjadi pilihan yang lebih murah.

Bintik usia: Hydroquinone, Retinoid, Vitamin C, Kojic Acid

Hydroquinone dapat memutihkan kulit dan memudarkan bintik hitam. Retinoid dapat membantu meratakan warna kulit. Vitamin C dapat memudarkan bintik-bintik penuaan selama 12 minggu. 

Kojic acid adalah bahan kimia yang sering digunakan sebagai bahan pemutih kulit. Saat menggunakan salah satu bahan ini, pastikan untuk memakai tabir surya.

Warna kulit tidak merata: AHA, Retinoid

Bahan AHA dan retinoid sama-sama dapat mengangkat sel kulit mati sehingga warna kulit akan lebih merata. Namun, bahan ini dapat mengiritasi kulit, diperlukan kehati-hatian pada kulit yang kering dan sensitif.

Kulit kusam: AHA dan Retinoid

Pada masalah kulit satu ini gunakanlah pelembab agar terlihat lebih berisi dan kencang. Selain itu coba juga untuk memakai perawatan kulit yang berbahan AHA atau retinoid yang dapat mencerahkan sekaligus mengangkat sel kulit mati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini