Catat Bumil, Ini Loh Manfaat Buah Pir bagi Pertumbuhan Janin

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 23:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 612 2343384 catat-bumil-ini-loh-manfaat-buah-pir-bagi-pertumbuhan-janin-x6raRNMfM4.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUAH pir memiliki rasa manis dan menyegarkan. Bisa dikonsumsi secara langsung setelah dicuci, dibuat jus/smoothies, atau menjadi salad buah/rujak.

Pir memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kandungan kalori rendah dan nilai gizi tingginya yang penting bagi wanita hamil.

Biasanya, wanita hamil disarankan untuk makan sekitar 1 hingga 2 buah pir berukuran sedang setiap hari. Seperti dilansir dari Firstory Parenting, berikut ulasan kandungan nutrisi buah pir yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Karbohidrat

Wanita hamil makan untuk memberi nutrisi untuk dirinya dan bayi yang ada dalam kandungannya, juga membutuhkan lebih banyak makanan padat energi daripada sebelumnya. Ini sangat penting untuk pertumbuhan janin, perkembangan kehamilan, produksi ASI, dll. 

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan makanan padat energi, Anda bisa memperoleh karbohidrat yang sehat dengan mengonsumsi buah pir.

Buah pir

Kalium

Pir mengandung kalium (dalam jumlah kecil) yang dapat membantu dalam mengontrol tingkat tekanan darah serta kesehatan jantung pada wanita hamil dan janinnya. Ini membantu menyeimbangkan elektrolit yang ada dalam darah serta cairan jaringan, mengurangi kemungkinan kram kaki dan perut, dan menstabilkan sistem saraf.

Vitamin A

Pir kaya akan vitamin A yang sangat penting selama kehamilan sejak trimester pertama hingga persalinan. Vitamin A dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Ini juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin, misalnya sistem pernapasan, sistem saraf, sistem peredaran darah, dll.

Tembaga dan magnesium

Tembaga dan magnesium merupakan mikronutrien yang berperan penting dalam kehamilan. Tembaga membantu dalam produksi sel darah merah, bersama dengan zat besi dan Vitamin B. 

Hal ini penting karena wanita hamil memiliki sekitar satu liter darah lebih banyak daripada orang dewasa yang tidak hamil. Tembaga juga bermanfaat dalam perkembangan dan fungsi beberapa organ, serta membantu menjaga kesehatan saraf dan pembuluh darah. 

Sedangkan, magnesium penting untuk merilekskan otot tubuh selama kehamilan, sehingga mengurangi stres dan kelelahan fisik.

Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat penting karena mengatur beberapa fungsi dalam tubuh manusia. Ini dapat memperkuat gusi dan gigi pada wanita hamil, juga membantu menyerap nutrisi dari makanan, terutama zat besi.


Seratat

Serat sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan. Wanita hamil mungkin mengalami banyak masalah pencernaan karena penyempitan ruang akibat pertumbuhan janin. Diet kaya serat membantu meringankan sembelit dan kembung.

Vitamin B6

Vitamin B6 membantu dalam pertumbuhan jaringan saraf janin, membuat tubuh tetap sehat dengan mengatur respons kekebalan terhadap infeksi. Ini juga mengurangi mual dan muntah, yang umum terjadi pada ibu hamil selama trimester pertama.

Asam folat

Asam folat adalah nutrisi penting lain yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Asam folat mendukung perkembangan darah dan sistem peredaran darah. Ini juga membantu dalam perkembangan tabung saraf, yang sangat penting dalam fungsi sistem saraf bayi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini