Hobi Makan Sayur Kangkung, Ini 6 Manfaatnya

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 298 2343861 hobi-makan-sayur-kangkung-ini-6-manfaatnya-ZtCSbHKfu0.jpg Kangkung (Foto: China Sichuan Food)

Salah satu sayuran ini sering jadi lauk sehari-hari dan banyak yang menggemarinya. Sayur kangkung menjadi pilihan banyak orang karena cara memasaknya yang mudah dan cepat.

Namun, siapa sangka jika pada zaman dahulu kangkung dijadikan tanaman obat karena khasiatnya. Ini karena kangkung mengandung berbagai macam vitamin, fosfor, magnesium, serat, zat besi, asam amino, selenium, dan kalsium.

Melansir dari Health Benefits Times, berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kangkung.

kangkung 

1. Kesehatan kulit

Kangkung mengandung vitamin C yang tinggi dan efektif mengurangi munculnya keriput, memperlambat proses penuaan, dan kekeringan. Selain itu, bisa juga mempercepat proses penyembuhan dan membentuk jaringan .

2. Menyerap nutrisi

Kombinasi vitamin C dengan zat besi pada kangkung dapat meningkatkan penyerapan nutrisi pada anak-anak maupun orang dewasa. Ini bagus untuk sistem pencernaan agar berfungsi secara efektif, mencegah pertumbuhan penyakit, dan mengurangi peradangan.

3. Anti-inflamasi

Vitamin A memiliki sifat antioksidan yang mana berperan untuk menangkal radikal bebas. Nutrisi yang terdapat di kangkong ini efektif juga untuk mencegah peradangan makanan yang terlalu reaktif terhadap protein.

 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh yang memiliki kekebalan yang tinggi tidak lain bekerja karena asupan vitamin A. Ini bisa didapatkan dari mengkonsumsi kangkung. Selain itu, bisa juga membantu melawan kondisi kesehatan seperti penyakit autoimun dan pilek.

5. Mengatasi anemia

Anemia adalah kondisi tubuh yang kekurangan zat besi sehingga bisa mempengaruhi fungsi otak, tingkat energi, dan kekebalan tubuh. Maka dari itu, konsumsi kangkung bisa menjadi pilihan yang tepat karena dia diperkaya zat besi.

6. Mengatasi gangguan tidur

Kangkung mengandung magnesium yang dapat membantu memberikan kualitas tidur lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa magnesium membantu mengurangi gejala insomnia secara efektif.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini