3 Pemanis Alami Menyehatkan, Ampuh Gantikan Gula

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 00:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 298 2343999 3-pemanis-alami-menyehatkan-ampuh-gantikan-gula-VSXi7eIA0S.jpg Ilustrasi pemanis alami menyehatkan pengganti gula. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

SETIAP makanan manis pasti mengandung gula. Lalu bagi pencinta rasa manis, minum teh atau kopi terkadang sulit untuk tidak menambahkan gula di dalamnya.

Ini boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Mengonsumsi gula berlebihan akan membahayakan kesehatan tubuh. Kadar gula dan porsinya harus dibatasi sesuai kebutuhan, ini tentunya bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Cegah Diabetes, Saatnya Ganti Gula dengan 6 Bahan Alami IniĀ 

Mengingat hal tersebut, Anda bisa mengganti gula dengan pemanis alami menyehatkan. Pemanis tersebut haruslah rendah kalori, rendah fruktosa, dan rasanya tetap manis seperti gula biasa.

Seperti dirangkum dari Healthline, Kamis (14/1/2021), berikut ini pemanis alami menyehatkan sebagai pengganti gula.

Stevia pemanis alami menyehatkan pengganti gula. (Foto: Live Science)

1. Stevia

Stevia adalah pemanis rendah kalori yang mengandung senyawa stevioside dan rebaudioside A. Keduanya dapat membuat rasa ratusan kali lebih manis dari gula.

Beberapa penelitian menunjukkan stevia memiliki manfaat kesehatan, seperti dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi dan telah terbukti menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.

Baca juga: Susul Raffi Ahmad, Ariel NOAH dan Risa Saraswati Divaksin Besok

2. Erythritol

Erythritol adalah alkohol gula yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan tertentu. Ini mengandung sekira 6 persen kalori dalam jumlah gula dengan 70 persen rasa manis. Studi menunjukkan eritritol sangat aman. Namun seperti gula alkohol lainnya, ini dapat menyebabkan masalah pencernaan jika mengonsumsi terlalu banyak dalam satu waktu. Rasa erythritol sangat mirip dengan gula, meski bisa memiliki sedikit rasa sisa.

3. Xylitol

Xylitol mengandung sekira 2/3 dari nilai kalori gula. Xylitol memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan gigi, seperti mengurangi risiko gigi berlubang dan kerusakan gigi. Ini juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Baca juga: Berhenti Konsumsi Pemanis Buatan, 5 Manfaat Kesehatan Ini Bakal DidapatĀ 

Xylitol pemanis alami menyehatkan pengganti gula. (Foto: BBC Good Food)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini