6 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Bisa Sembuhkan Masalah Kulit Lho

Iman Firmansyah, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 481 2343745 6-manfaat-buah-belimbing-untuk-kesehatan-bisa-sembuhkan-masalah-kulit-lho-SoQszM9Lro.jpg Buah belimbing memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Foodiesfeed/Freepik)

BUAH belimbing bisa ditemui di mana saja. Pasalnya, pohon belimbing dapat tumbuh di banyak lokasi, termasuk pekarangan rumah. Masyarakat Indonesia pun menggemari buah belimbing karena mengandung nilai gizi yang tinggi.

Buah belimbing memiliki tampilan menarik dengan bentuk seperti bintang dan berwarna kuning. Rasa buah belimbing juga unik, ada asam dan manis. Lalu buah belimbing bisa dimakan bersama kulitnya.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Kedondong untuk Ibu Hamil, Bisa Tingkatkan Imunitas Lho 

Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, buah ini juga ada banyak manfaat kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Apa saja? Berikut khasiat buah belimbing untuk tubuh manusia, seperti dikutip dari laman Boldsky.

Buah belimbing

1. Mencegah kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa belimbing adalah buah antikanker yang manjur karena mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh sehingga dapat mencegah kanker hati. Selain itu, belimbing juga mengandung sejumlah serat yang membantu membersihkan usus besar, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar.

2. Meningkatkan kekebalan

Buah belimbing memiliki kandungan vitamin C yang besar sehingga membuatnya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memerangi batuk, demam, luka, dan sakit tenggorokan secara efektif. Selain itu, menambahkan belimbing pada smoothie saat sarapan pagi akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dan meningkatkan produksi sel darah putih.

Baca juga: Tips Ampuh Jaga Kesegaran Buah dan Sayuran untuk Waktu Lama 

3. Menyehatkan jantung

Belimbing ternyata memiliki jumlah kalium dan natrium yang baik, sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah. Tekanan darah yang normal sangat penting untuk menjaga jantung berfungsi dengan baik dan juga memastikan detak jantung teratur dan membuat aliran darah yang sehat.

4. Baik untuk menurunkan berat badan

Jika ingin menurunkan berat badan, konsumsilah belimbing karena buah ini hanya memiliki 31 kalori. Belimbing juga memiliki serat yang membuat perut kenyang dan dapat membantu mempercepat metabolisme sehingga bisa menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes, Apa Saja? 

5. Menyembuhkan masalah kulit

Buah belimbing memiliki sifat antimikroba dan sifat antiinflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim yang disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal sistem kekebalan tubuh, kulit kering, dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan mengonsumsi belimbing.

6. Melancarkan pencernaan

Belimbing merupakan buah yang kaya akan serat di mana senyawa ini sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda, serat dapat merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan yang meringankan sembelit, kram, diare, dan kembung. Selain itu, serat juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan bioavailabilitas vitamin dan mineral penting lainnya.

Buah belimbing. (Foto: Timolina/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini