Yuk Ikuti Sehat ala Jepang, Ganti Garam dengan Umami

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 481 2343808 yuk-ikuti-sehat-ala-jepang-ganti-garam-dengan-umami-4Z4jAjdXU4.jpg Ilustrasi. (Foto: Medicalnewstoday)

SESEORANG perlu memerhatikan asupan garam harian agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Anda harus bisa mengendalikannya untuk menghindari risiko kesehatan. 

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof Dr Hardinsyah, MS, mengatakan, ada beberapa cara untuk mengendalikan asupan garam, yang sesuai dengan kebiasaan atau pola konsumsi masyarakat Indonesia. Seperti apa?

Baca Juga: Resep Ikan Acar Kuning, Santapan Nikmat untuk Makan Malam Bareng Keluarga

garam

Diungkapkan Prof Hardinsyah, kebiasaan masyarakat Indonesia dalam membuat masakan memang banyak menggunakan bumbu dan rempah yang memiliki cita rasa tinggi. Sedangkan dalam berbagai bumbu dan rempah itu juga sudah cukup banyak terkandung natrium.

"Nah cara yang sesuai jika masakan kita sudah banyak menggunakan berbagai bumbu rempah adalah dengan hanya manambahkan garam dapur dalam jumlah yang sedikit sekali," ujar Prof Hardinsyah lewat keterangan resmi Ajinomoto.

Prof Hardinsyah juga menambahkan bahwa setiap mengonsumsi makanan berat tentu sudah ada kandungan natrium secara alami. Selain dari garam, Anda bisa mengganti dengan bumbu umami.

“Jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi, namun juga ingin diet rendah garam, dengan menggunakan bumbu umami," paparnya.

Baca Juga: Perut Kembung? 7 Teh Ini Bisa Mengatasinya Lho

Prof Hardinsyah juga mengungkap bahwa banyak penelitian di luar negeri, seperti di Jepang. Salah satu studi menunjukkan bahwa penggunaan bumbu umami bisa menjadi strategi diet rendah garam.

"Kandungan natrium dalam bumbu ini hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini