Kombinasi Nutrisi ala Atlet: 40% Karbohidrat, 30% Protein dan 30% Lemak

Rabu 13 Januari 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 481 2343820 kombinasi-nutrisi-ala-atlet-40-karbohidrat-30-protein-dan-30-lemak-TJOtmIqLVO.jpg Atlet Siman Sudartawa. (Foto: Instagram @siman_sudartawa)

ATLET Renang I Gede Siman Sudartawa berbagi tips untuk mendapatkan nutrisi seimbang harian. Hal ini diperlukan agar gaya hidupnya lebih sehat, apalagi dirinya kini masih aktif menjadi atlet.

Diungkapkannya, mulai Desember 2020, Siman fokus mengikuti program pelatihan dan kondisi fisik. Kebutuhan asupan nutrisi hariannya adalah 3,300 KKal (Kilo Kalori) atau 1,000 KKal lebih banyak dibanding Juni tahun lalu.

"Formulasi kebutuhan ini dalam bentuk makanan lebih spesifik lagi harus didapat dari kombisani 40 persen karbohidrat, 30% persen protein dan 30% lemak," ungkapnya lewat keterangan resminya.

Baca Juga: Pencinta Kuliner Jawa Tengah, Masak Garang Asem, Yuk!

granola

Hal tersebut merupakan hasil dari meningkatnya frekuensi latihan Siman setiap hari. Dirinya kini juga konsentrasi latihan untuk memulihkan kondisi tubuh sudah lebih terfokus.

"Selain pelatihan fisik dan teknik yang diberikan dalam kepelatihan, aku sudah mulai fokus untuk pembentukan komposisi bentuk tubuh yang ideal untuk mencapai target latihan yang diberikan oleh pelatih," tambah dia.

Ya, Siman mendapatkan suplai makanan bernutrisi sesuai dengan kebutuhan, dibantu Kachimeshi Winning Meals Indonesia hingga Nutritionist Emilia Achmadi. Makanan yang dikonsumsi setiap hari antara lain granola, sayuran, aneka sayuran, daging, ikan, ayam hingga nasi merah sebagai karbohidrat.

Menurutnya, asupan makanannya tersebut sangat memengaruhi energi yang didapatkan. Jika ada yang terlewat tentu kondisi tubuhnya akan cepat lelah.

Baca Juga: Tekanan Darah 130/67 mmHg, Presiden Jokowi Diizinkan Terima Vaksin

"Makanan yang dikirimkan kepadaku setiap harinya adalah hasil dari perhitungan ilmiah dari kebutuhan energi sehari-hari berdasarkan pola dan volume latihan setiap hari yang aku jalani baik di kolam renang maupun latihan fisik di luar kolam," bebernya.

Siman pun harus mencukupi nutrisi harian lewat sarapan, makan siang dan makan malam. Meski demikian, Siman masih bisa merasakan makan nikmat, di samping latihan fisik yang cukup aktif.

"Memang membutuhkan usaha dan displin untuk mencapai target latihan, selain komitmen dan displin dalam berlatih, komitmen dan disiplin dalam mengkonsumsi makanan juga diperlukan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini