Tekanan Darah 130/67 mmHg, Presiden Jokowi Diizinkan Terima Vaksin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 612 2343531 tekanan-darah-130-67-mmhg-presiden-jokowi-diizinkan-terima-vaksin-iRWssooSBj.jpg Presiden Jokowi. (Foto: MNC)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melakukan menjadi orang pertama yang divaksin pada Rabu (13/1/2021). Proses vaksinasi tahap pertama ini dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini, tepat pukul 09.30 WIB, Presiden Jokowi mulai diperiksa oleh vaksinator Covid-19 untuk memenuhi persyaratan vaksinasi.

Hal pertama yang dilakukan sebelum vaksinasi adalah pengecekan tekanan darah. Dari hasil pengecekan ini vaksin Sinovac tidak boleh diberikan kepada orang dengan tekanan darah sistolik di atas 140 mmHg. Namun tekanan darah presiden Jokowi adalah sistolik 130 mmHg dan diastolik 67 mmHg.

Selain itu sejumlah pertanyaan pun diberikan oleh vaksinator kepada Presiden Jokowi mengenai riwayat gejala dan kondisi keluarga apakah terkait dengan gejala Covid-19. Setelah semuanya dinyatakan aman, proses vaksinasi pun dilakukan.

Sama seperti vaksin pada umumnya, proses penyuntikan vaksin dilakukan pada bagian lengan. Bahkan Presiden Jokowi pun mengaku tidak merasakan sakit sama sekali ketika divaksin.

Usai divaksin Presiden Jokowi diberikan buku keterangan yang selanjutnya diserahkan dan diisi kepada petugas vaksinasi yang berjaga di meja lain. Saat ini, Presiden Jokowi sedang menunggu di ruangan Istana untuk melihat reaksi yang ditimbulkan akibat vaksinasi selama 30 menit ke depan.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah pejabat negara lainnya seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih, Sekjen MUI, dr. Amirsyah Tambunan, PBNU KH Ahmad Ishomuddin, dan sejumlah jajaran lainnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini