Dapat Vaksin Covid-19 Pertama, Presiden Jokowi: Tak Terasa Sama Sekali

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 612 2343554 dapat-vaksin-covid-19-pertama-presiden-jokowi-tak-terasa-sama-sekali-aNx3z3rOef.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

VAKSINASI Covid-19 tahap pertama resmi digelar di Istana Negara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menjadi orang pertama yang divaksin di Indonesia menggunakan vaksin Sinovac yang didatangkan pada Desember 2020.

Proses vaksinasi Presiden Jokowi dilakukan oleh Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof. Dr. Abdul Muthalib. Proses vaksinasi berjalan dengan lancar tanpa terkendala apapun, meski Prof Abdul tampak gemetar karena grogi saat menyuntik orang nomor satu Indonesia itu.

Selain itu tampak Presiden Jokowi terlihat tenang dan sama sekali tidak kesakitan saat menerima vaksin. Bahkan ia menyebut sama sekali tidak merasakan apa-apa saat disuntik vaksin.

 

“Bagaimana pak?” tanya Prof Abdul

“Tidak terasa sama sekali,” jawab Presiden Jokowi seraya tertawa.

Sama seperti vaksin pada umumnya, proses penyuntikan vaksin dilakukan pada bagian lengan. Bahkan Presiden Jokowi pun mengaku tidak merasakan sakit sama sekali ketika divaksin.

Usai divaksin Presiden Jokowi diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa telah divaksin dan menyerahkannya dan diisi kepada petugas vaksinasi yang berjaga di meja lain.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah pejabat negara lainnya seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih, Sekjen MUI, dr. Amirsyah Tambunan, PBNU KH Ahmad Ishomuddin, dan sejumlah jajaran lainnya.

Vaksin Sinovac tidak boleh diberikan kepada orang dengan tekanan darah sistolik di atas 140. Namun tekanan darah Presiden Jokowi adalah sistolik 130 dan diastolik 67. Sehingga Presiden Jokowi dinyatakan sehat dan aman untuk menerima vaksin.

Saat ini Presiden Jokowi sedang menunggu di ruangan Istana untuk melihat reaksi yang ditimbulkan akibat vaksinasi selama 30 menit ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini