Baru Menikah, Begini Cara Diskusi Masalah Keuangan dengan Pasangan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 612 2343576 baru-menikah-begini-cara-diskusi-masalah-keuangan-dengan-pasangan-3uPJX6Ym9p.jpg Menikah (Foto: My Domaine)

Hubungan pernikahan terkadang tidak selalu berjalan mulus. Ada banyak hal yang bisa memicu pasangan berdebat, terutama masalah keuangan.

Bahkan tak jarang masalah keuangan ini bisa memicu perceraian. Makanya harus dipikirkan dengan baik.

Melansir Times of India, berikut kelima cara yang bisa Anda praktikan untuk diskusi masalah keuangan.

membicarakan soal uang

1. Jujur tentang masa lalu Anda

Mulailah dengan berbagi masa lalu Anda. Apa cerita tentang kebiasaan keuangan Anda? Sudahkah Anda membuat beberapa keputusan tidak akurat yang menyebabkan bangkrut? Jujurlah tentang masa lalu "uang" Anda dengan pasangan untuk menghindari kesalahan berulang.

2. Bicarakan soal uang di pagi hari

Bicarakan soal uang di pagi hari. Membicarakannya sebelum tidur bukanlah ide yang bagus. "Sementara Anda memulai hari dengan catatan baru setiap pagi, apa pun yang didiskusikan dapat dikerjakan secara bertahap,"kata konselor keluarga Anjali Chhabria.

3. Jangan menghakimi

Percakapan yang tidak menghakimi dapat membantu membahas topik sensitif seperti kebiasaan keuangan. Cari masalahnya alih-alih memberi label pada orang yang tidak mampu menangani keuangan dengan baik.

Buat tetap singkat dan sederhana. Berbelit-belit hany akan meningkatkan konflik. Juga, mengomel atau bersikap defensif hanya akan menyebabkan ketidaksetiaan finansial.

4. Jangan jadikan uang sebagai penghambat hubungan

Uang menghambat hubungan hanya jika Anda menganggapnya terlalu penting. "Ya, itu adalah bagian penting dari keberadaan Anda tetapi bukan pusat hubungan Anda. Jadi, bicarakanlah dengan sangat tenang dan transparan. Selain itu, jangan membuatnya terdengar seolah-olah Anda sedang membuat kesepakatan perusahaan," kata psikolog klinis Seema Hingorrany. Ingat, cinta datang lebih dulu!

5. Buat kesepakatan

Berpikir bersama dan berpikir untuk tujuan yang sama, sembari menghargai hasrat satu sama lain. Anda dan pasangan mungkin menyukai hal-hal yang berbeda seperti bepergian, seni, olahraga, musik, kebugaran, dll.

Saling setuju untuk menyisihkan sejumlah uang untuk hal yang sama. Dengan cara ini, tidak ada yang dipaksa untuk mengurangi pengeluaran untuk sesuatu yang mereka sukai.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini