Terungkap 11 Hidangan Mewah Terakhir di Kapal Titanic Sebelum Tenggelam

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 02:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 612 2344029 terungkap-11-hidangan-mewah-terakhir-di-kapal-titanic-sebelum-tenggelam-3YuP1CSWHg.jpg Terungkap hidangan mewah terakhir di Kapal Titanic. (Foto: FGO Stuart/Wikimedia Commons/Mental Floss)

ANDA mungkin salah satu orang yang pernah menonton film Titanic. Ya, ini merupakan film tentang kisah karam atau tenggelamnya kapal pesiar mewah Titanic. Tapi kali ini tidak membahas tentang jalan cerita film tersebut, melainkan fakta sejarah lain yang baru saja terungkap, yakni hidangan mewah terakhir di Kapal Titanic.

Diketahui bahwa para tamu kelas 1 Kapal Pesiar Titanic harus membayar ratusan poundsterling (setara dengan puluhan ribu dolar pada hari ini) untuk sebuah tiket, dan makanan mewah sudah termasuk dalam harga ini.

Baca juga: Kapal Titanic II Dijadwalkan Bakal Berlayar 2022 

Menu makan siang dan malam di Kapal Pesiar Titanic pada 14 April 1912, sebelum tragedi tabrakan kemudian tenggelam, terungkap sangat mewah.

Penasaran hidangan mewah apa saja yang terakhir kali disediakan di Kapal Titanic? Berikut ini daftarnya, seperti dirangkum dari Mentalfloss, Kamis (14/1/2021).

1. Salmon rebus dengan saus mousseline dan mentimun

Menu mewah makan malam pada 14 April 1912, beberapa tamu Kapal Pesiar Titanic dihidangkan makanan ikan yang disajikan dengan saus krim kocok tanpa pemanis dan hollandaise dengan irisan timun di sampingnya. Ikan yang mereka makan pun merupakan ikan yang terbilang cukup mahal yaitu salmon.

2. Ayam A La Maryland

Dinamai sesuai Negara Bagian Amerika Serikat yakni Maryland, hidangan makan siang ini terdiri dari ayam goreng tepung roti dan disajikan dengan saus. Makanan tersebut sering dihiasi dengan irisan pisang.

3. Cockie Leekie

Salah satu sup asal Skotlandia yang disajikan saat makan siang ini terbuat dari daun bawang, ayam, dan nasi. Kombinasi menu ini sangat sempurna.

Baca juga: 2 Kafe Langgar PPKM, Disegel dan Terancam Denda Rp50 Juta

4. Squab dan Cress Panggang

Hidangan utama dengan merpati muda panggang ini adalah menu ketujuh dari makan malam terakhir di Kapal Pesiar Titanic.

5. Egg A l'Argenteuil

Salah satu hidangan makan siang pada 14 April 1912 di Kapal Titanic adalah nama mewah untuk telur orak-arik dan asparagus.

6. Consomme Olga

Disajikan sebagai bagian dari kursus sup makanan terakhir Titanic, Consomme Olga adalah kaldu daging sapi yang dimasak dengan anggur port dan disajikan dengan sumsum sturgeon sebagai hiasan.

7. Lidah Kornet Sapi

Hidangan lidah sapi yang diawetkan dan disajikan sebagai bagian dari prasmanan makan siang.

8. Pate de Foie Gras

Foie gras atau yang disebut dengan olesan hati angsa, juga muncul sebagai menu makan malam dari menu kesembilan di Kapal Titanic.

Baca juga: Yuk Bikin Creamy Korean Carbonara Toast, Pas Buat Sarapan 

9. Kentang Tumbuk, Goreng, dan Panggang

Hidangan ini disajikan untuk makan siang pada hari di mana Titanic menabrak gunung es. Seperti namanya, "jaket kentang" adalah kentang yang disajikan di atas kulitnya.

Kapal Titanic

10. Persik dalam Chartreuse Jelly

Hidangan yang penuh warna ini disajikan di akhir makan malam pada tanggal 14 April 1912. Chartreuse adalah minuman keras pencuci mulut dengan rona hijau atau kuning.

Baca juga: Resep Kulit Roti Tawar Gulung, Cocok untuk Sarapan 

11. Puding Waldorf

Makanan penutup lainnya pada menu makan malam adalah kue kukus yang terbuat dari apel dan kenari.

Nah, itulah 11 menu mewah yang dihidangkan untuk para tamu terhormat Kapal Pesiar Titanic sebelum akhirnya menjadi kenangan. Menurut kalian yang mana menu yang paling mahal?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini