Mau Coba Diet Keto? Ini 7 Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 04:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 298 2344044 mau-coba-diet-keto-ini-7-makanan-yang-boleh-dikonsumsi-NUaSQpaAh2.jpg Menu makanan diet keto. (Foto: Timolina/Freepik)

JIKA Anda baru ingin mencoba diet sehat untuk menurunkan berat badan, diet keto salah satu pilihan yang tepat. Diet ketogenik menerapkan pola makan rendah karbohidrat, kecuali dari sayur; namun tinggi lemak.

Prinsip utama diet keto adalah mempertahankan ketosis. Ini merupakan suatu kondisi metabolisme yang mendorong tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan bakar harian daripada glukosa yang bersumber dari karbohidrat.

Baca juga: 5 Mitos Diet yang Seringnya Jadi Hoax 

Stefani Sassos MS RD CDN, ahli diet yang terdaftar di The Good Housekeeping Institute, Amerika Serikat, mengatakan bahwa asupan diet keto mencakup banyak daging, makanan laut, produk susu, telur, kacang-kacangan, lemak dan minyak, dan beberapa sayuran.

Lalu selain diet keto, kata dia, diet mediterania atau rencana makan "fleksibel" juga dapat membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Daging ayam. (Foto: Freepik)

Kemudian makanan apa saja yang boleh dikonsumsi saat menjalani diet keto? Berikut ini daftarnya, sebagaimana dinukil dari Good Housekeeping.

1. Daging

Anda boleh mengonsumsi daging ayam, steak, daging giling, domba, bacon, kalkun, ham, dan sosis; namun dalam jumlah terbatas.

Baca juga: Perjalanan Karier dan Asmara Arie Kriting sebelum Menikahi Indah Permatasari

2. Makanan laut berlemak

Makanan laut ini dapat membantu menambah lemak pada tubuh Anda, cocok untuk diet keto. Misalnya ikan salmon, kakap, tuna, halibut, cod, trout, catfish, scallop. Lalu kepiting, kerang, tiram, lobster, dan remis juga bisa Anda konsumsi.

3. Makanan yang mengandung lemak dan minyak

Telur, mentega, minyak kelapa, minyak zaitun, ghee, minyak alpukat, dan mayonaise bisa ditambahkan dalam menu diet keto Anda.

4. Produk susu tinggi lemak

Keju terkenal akan lemaknya yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi keju krim, krim kental, atau krim asam.

5. Pilihan sayuran

Karbohidrat yang masih boleh dikonsumsi dalam diet keto hanyalah pada sayuran seperti kembang kol, kubis, brokoli, zucchini, kacang hijau, paprika, terong, tomat, asparagus, mentimun, bawang merah, jamur, bayam, selada, dan zaitun.

Baca juga: Mau Diet Keto? Ini Efek Sampingnya 

Kacang-kacangan. (Foto: Thespruce)

6. Kacang-kacangan

Almond, kacang tanah, kacang macadamia, pecan, hazelnut, kenari, serta mentega retrospektifnya (cari varietas alami yang tidak dimaniskan) bisa menjadi tambahan makanan diet keto Anda.

7. Minuman

Beberapa minuman favorit Anda seperti kopi dan teh hitam tetap bisa dikonsumsi asal tanpa pemanis dan teh hitam tidak apa-apa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini