Berapa Lama Kekebalan Tubuh Terbentuk Setelah Disuntik Vaksin Covid-19?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 481 2344343 berapa-lama-kekebalan-tubuh-terbentuk-setelah-disuntik-vaksin-covid-19-22CtdzXxTe.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Biospace)

Pemerintah telah mendatangkan vaksin Covid-19 keluaran Sinovac sebanyak 15 juta dosis yang tiba pada Selasa lalu. Orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 adalah presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disiarkan di stasiun televisi nasional.

Selanjutnya, ada selebriti Raffi Ahmad yang juga telah menerima vaksinasi. Ia dipilih oleh pemerintah karena dinilai memiliki pengikut yang cukup banyak.

 Vaksin Covid-19

Akan tetapi, banyak orang yang bertanya mengenai berapa lama kekebalan tubuh dapat terbentuk setelah disuntik vaksin Covid-19. Serta apa yang terjadi pada tubuh saat dimasukkan vaksin tersebut.

Melansir Avera.org, seseorang akan mulai memiliki kekebalan tubuh tujuh hari, setelah dosis pertama Anda menerima vaksin. Kekebalan tubuh Anda pun akan terus meningkat dan akan mencapai puncaknya sekitar dua minggu setelah dosis kedua.

Adapun, seseorang juga harus memiliki dosis kedua karena vaksin pertama tersebut adalah vaksin dua dosis. Mendapatkan kedua dosis itu sangat penting.

Dosis pertama adalah dosis "priming" yang memberi Anda kekebalan sekitar 50% sedangkan dosis kedua menetapkan kekebalan sekitar 95%. Anda tidak akan mengembangkan kekebalan yang cukup terhadap Covid-19 tanpa kedua dosis tersebut.

Tujuan dari vaksin Covid-19 adalah membentuk antibodi. Karena itu, bagi Anda yang memiliki autoimun, pemerintah pun belum menyarankan Anda untuk mendapatkan vaksinasi.

"Obat bisa timbul reaksi alergi, karena itu buat orang-orang yang sudah punya riwayat alergi vaksin sebelumnya, ini memang harus ditunda dulu, dipastikan dulu apakah dia juga mempunyai alergi pada vaksin Covid-19," ujar Dr. Ari Fahrial Syam melalui pesan singkat.

Setelah Anda, anggota keluarga dan teman Anda sebaiknya divaksinasi. Namun, penting untuk diingat bahwa anak-anak tidak akan terlindungi sampai vaksin disetujui untuk mereka.

Karenanya, diharapkan masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan meski sudah divaksinasi. Tetap mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta selalu menjaga kesehatan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini