Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Menkes Budi Minta Rumah Sakit Tambah Ruangan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 481 2344386 kasus-positif-covid-19-meningkat-menkes-budi-minta-rumah-sakit-tambah-ruangan-e1VnIymEZD.jpg Menkes Budi Gunadi (Foto:Youtube)

Melonjaknya angka kasus positif Covid-19 di Indonesia membuat ketersedian tempat tidur di rumah sakit kain menipis. Bahkan, sejumlah rumah sakit dilaporkan tidak bisa lagi menampung pasien.

Isu ini menjadi salah satu perhatian utama anggota Komisi IX DPR saat rapat bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

 Pasien Covid-19

Menanggapi hal tersebut, Menkes Budi mengatakan, ia telah memerintahkan pihak rumah sakit untuk segera menambah ruangan.

"Kami minta rumah sakit menambah ruangan. Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) tambah ruangan, RS Fatmawati menambah 28 ruangan. Dan masing-masing ruangan bisa diisi dua tempat tidur," terang Menkes Budi dalam yang disiarkan secara daring itu.

Selain menambah kapasitas ruangan, pihaknya juga berencana memperbaiki prosedur masuk ke ruang isolasi menggunakan e-KTP. Dengan demikian, seluruh pasien yang harus dirawat di ruang isolasi dapat dimonitor dengan baik.

"Untuk orang yang diisolasi agar termonitor obatnya, suhunya, saturasinya. Sehingga bisa ditangani lebih dini hingga dikurangi tekanan ke rumah sakit," jelasnya.

Menkes Budi tidak menampik, lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia terjadi pasca liburan Natal dan Tahun Baru. Ia mengatakan, peningkatan kasus akan terus berlangsung hingga akhir bulan Januari mendatang.

"Maka dari itu, kita juga akan melakukan perubahan strategi khususnya dalam melakukan tracing dan perubahan perilaku masyarakat," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini