Kolesterol Tinggi, Kenali dengan 4 Gejala Fisik Ini

Diana Rafikasari, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 22:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 481 2344666 kolesterol-tinggi-kenali-dengan-4-gejala-fisik-ini-ODkN51bMMQ.jpg Ilustrasi cek kadar kolesterol tinggi. (Foto: Shutterstock)

KADAR kolesterol tinggi sangat dihindari semua orang. Sebab dengan memiliki kadar kolestrol yang normal akan menghindarkan dari risiko sakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun dalam banyak kasus, kadar kolestrol tinggi menimbulkan kejadian darurat.

Baca juga: Makan 5 Camilan Ini, Efektif Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi 

Namun ada beberapa gejala fisik yang menunjukkan indikasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Ini memperingatkan untuk segera diatasi.

Tercatat setidaknya ada empat gejala kadar kolesterol tinggi. Jika mengalami salah satu gejala fisik ini, bisa menunjukkan bahwa kadar kolesterol sangat tinggi.

Seperti dirangkum dari Express, Kamis (14/1/2021), berikut empat gejala fisik yang dirasakan ketika kadar kolesterol tinggi.

Ilustrasi kesemutan

1. Sering kesemutan

Gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu membuat tangan dan kaki terasa kesemutan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah di saraf dan menyebabkan kesemutan.

Baca juga: 6 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Bisa Sembuhkan Masalah Kulit Lho 

2. Sakit di tangan dan kaki

Akumulasi kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus-menerus dan membuat tangan serta kaki sakit.

3. Sakit kepala di belakang kepala

Penyumbatan pembuluh darah di daerah sekitar kepala menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala. Ini terjadi ketika pembuluh darah tersumbat oleh plak kolesterol. Jika ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke.

Baca juga: 7 Fakta soal Kolesterol, Siapa Bilang Anak Kecil Tak Punya 

4. Nyeri dada di sisi kiri

Nyeri dada terutama di sisi kiri menandakan penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan bisa menimbulkan rasa sakit. Terkadang rasa sakitnya bahkan bisa menjalar ke leher. Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa menyebabkan nyeri dada dan juga bisa menjadi tanda serangan jantung.

Sementara Mayo Clinic melaporkan bahwa faktor risiko kolesterol tinggi meliputi beberapa hal. Di antaranya adalah diet yang buruk, kegemukan, kurang olahraga, merokok, usia, dan diabetes.

Baca juga: 6 Buah yang Ampuh Kontrol Kolesterol ketika Naik 

Ilustrasi nyeri dada. (Foto: Express)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini