Penelitian Ungkap Gejala Covid-19 Bisa Diketahui dari Kuku dan Daun Telinga

Diana Rafikasari, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 00:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 481 2344680 penelitian-ungkap-gejala-covid-19-bisa-diketahui-dari-kuku-dan-daun-telinga-or6o55rT7D.jpg Ilustrasi pencegahan wabah covid-19. (Foto: Fernandozhiminaicela/Pixabay)

PADA akhir tahun 2020 lalu covid-19 jenis baru ditemukan di Inggris dan beberapa negara lainnya. Varian baru virus corona ini pun disebut lebih cepat menular ke orang lain. Lalu gejala covid-19 jenis baru tersebut juga beragam.

Tidak hanya demam dan batuk, hal yang mengejutkan adalah gejala covid-19 jenis baru itu bisa diketahui dari kuku dan daun telinga.

Baca juga: Kenali Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19 

Dikutip dari Express, Jumat (15/1/2021), sebuah penelitian mengungkap kondisi di kuku dan daun telinga bisa menunjukkan kadar oksigen darah. Covid-19 dan risiko terkait dapat menyebabkan kadar oksigen turun ke tingkat yang mengkhawatirkan.

Covid Symptom Study App menjelaskan, Anda dapat memonitor kadar oksigen dari kuku dan daun telinga menggunakan pulse oximeter. Ini merupakan sensor sederhana tanpa rasa sakit yang menyinari kuku atau daun telinga untuk mengetahui berapa banyak oksigen dalam darah sebagai persentase dari jumlah total yang dapat dibawa.

"Jika Anda menderita covid-19, dokter mungkin memberi oksimeter untuk digunakan di rumah," jelas penelitian tersebut.

Baca juga: Bahagianya Faradilla Yoshi Sembuh dari Covid-19 setelah 18 Hari Karantina

"Berhati-hatilah dalam membeli pulse oximeter online atau mengandalkan fungsi pemantauan oksigen dari jam tangan pintar (kadang-kadang dikenal sebagai sensor SpO2) karena ini mungkin tidak akurat," jelas penelitian itu.

Menurut Covid Symptom Study App, jika Anda dalam keadaan sehat dan saturasi oksigen turun kurang dari 95 persen, tarik napas dalam-dalam dan ulangi pembacaan saturasi oksigen. Jika satursi oksigen antara 92 dan 94 persen, segera hubungi dokter.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini