5 Tips Makeup Tetap Awet pada Kulit Berminyak

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 611 2344549 5-tips-makeup-tetap-awet-pada-kulit-berminyak-xu15zBBzuL.jpg

Kulit berminyak dapat menyebabkan banyak masalah pada riasan. Wajah terlalu berkilau, foundation mudah bergeser, dan eyeliner luntur merupakan hal biasa yang terjadi pada kulit berminyak.

Cukup sulit mengatasi kulit berminyak saat menggunakan riasan. Minyak atau sebum dikulit disebabkan oleh kelenjar sebasea (sebaceous glands) berukuran sangat kecil, dan memiliki jumlah yang banyak di kulit wajah dan kepala.

Namun, tak perlu khawatir. Setiap masalah ada solusinya, begitu juga untuk kulit berminyak. Dengan beberapa tips makeup seperti dilansir dari Boldsky untuk kulit yang berminyak ini kamu bisa tetap terlihat segar dan memukai saat menggunakan riasan.

 menggunakan primer

1. Harus menggunakan primer

Gunakanlah primer sebelum menggunakan makeup. Pilih primer untuk menahan kulit berminyak. Primer dapat menutupi pori-pori kulit dan membuat riasan tahan lama. Jadi, selalu mulailah riasan dengan primer.

2. Gunakan foundation dengan formula ‘tahan lama’

Kulit berminyak dapat menghapus riasan dengan cukup cepat. Jadi, penting bagi Anda untuk memilih produk makeup yang tahan lama dan tidak komedogenik. Ini tak akan menyumbat pori-pori, justru membuat kulit Anda tampak segar sepanjang hari.

3. Jangan berlebihan menggunakan bedak

Menggunakan bedak merupakan cara yang baik untuk menahan minyah agar riasan tetap awet. Menaburkan bedak berlebihan pada kulit tidak hanya akan membuat wajah terlihat dempul, tetapi juga akan memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak sehingga memperburuk masalah.

4. Gunakan produk bebas minyak

Produk-produk yang Anda gunakan akan mempengaruhi kulit, penampilan, dan ketahanannya. Kulit berminyak membutuhkan produk yang benar-benar dapat menangkalnya. Jadi, pastikan semua produk yang Anda beli bebas minyak. Pilih produk berbahan dasar air karena jenis ini baik untuk kulit berminyak.

5. Selalu bawa face paper untuk kulit berminyak

Kertas minyak sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Kulit berminyak menghasilkan minyak secara terus-menerus dalam beberapa jam. Jika selalu sedia kertas ini, saat wajah mulai berminyak dan berkilau Anda tinggal menggunakannya kapan saja.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini