5 Cara Menolak Undangan Pernikahan di Tengah Pandemi dengan Sopan

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 612 2344429 5-cara-menolak-undangan-pernikahan-di-tengah-pandemi-dengan-sopan-cC9CeCU3kz.jpg Undangan pernikahan (Foto: Youtube)

Tidak bisa dipungkiri bahwa kelonggaran mengadakan acara besar bisa dilakukan dengan catatan harus patuh protokol kesehatan. Begitulah salah satu kenyataan yang kita tahu, masih adanya surat undangan pernikahan yang datang ke rumah.

Ini tentu saja keputusan dan rintangan yang besar bagi mereka yang menggelar acara pernikahan di tengah pandemi.

Namun, tidak ada jaminan kuat untuk tidak terjangkit virus corona meski sudah patuh protokol kesehatan. Maka dari itu, timbullah keraguan untuk datang. Daripada lama memikirkan itu, lebih baik utamakan keselamatan Anda dengan menolak undangannya secara sopan dan halus seperti yang dilansir dari Huffpost berikut ini.

undangan pernikahan

1. Beritahu secepatnya

Ada kemungkinan pasangan tersebut memperkecil penyebaran undangan, jadi segeralah beritahu mereka bahwa Anda tidak dapat hadir. Sehingga bisa mereka alihkan jatah undangan tersebut ke orang lain.

“Komunikasikan keputusan Anda kepada mereka secara jujur,” saran Liz Higgins, seorang terapis keluarga.

2. Berikan alasan

Jujur bahwa Anda tidak nyaman untuk bepergian karena mengkhawatirkan kesehatan di tengah pandemi.

3. Jangan berlebihan

Sebagian pasangan mungkin telah antisipasi dengan penolakan undangan di tengah pandemi ini. Karena itu janganlah bertele-tele atau beralasan konyol.

“Sangat penting untuk terus terang. Katakanlah sejujurnya bahwa Anda menghargai undangannya tapi Anda tidak bisa bepergian ke kerumunan,” kata Diane Gottsman, seorang pakar etiket.

4. Utamakan diri Anda

Ini merupakan batasan kesehatan terbaik yang bisa Anda lakukan demi diri sendiri. “Masalah perasaan pasangan tersebut terluka sama sekali bukan tanggung jawab Anda,” kata Higgins.

5. Temukan cara berbeda untuk ikut merayakannya

Menghormati keputusan mengadakan acara pernikahan adalah hal yang baik untuk dilakukan. Bagaimanapun ini merupakan hak mereka. Sebagai ganti dari ketidak bisa hadirnya Anda, temukanlah cara berbeda untuk merayakannya.

Anda bisa berada di sana secara virtual. Pastikan untuk datang menyaksikan siaran langsung pernikahannya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini